RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK BROKEN HOME (Studi Deskriptif Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022)

Publikasi Unusia

RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK BROKEN HOME (Studi Deskriptif Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK BROKEN HOME (Studi Deskriptif Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022)
Penulis: MIKE NURSOLEHA
Abstrak: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakan pembangunan di bidang sosial, ekonomi dan masyarakat budaya. PKBM di bentuk oleh masyarakat yang merupakan milik masyarakat dan di kelola oleh masyarakat untuk memperluas pelayanan kebutuhan belajar masyarakat. Salah satu karakter yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik adalah dapat mengontrol tingkah laku yang dimiliki. Masih ada peserta didik yang belum bisa mengontrol perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu belum efektif pemberian layanan bimbingan kelompok pada peserta didik broken home di PKBM. Agar tercapainya peningkatan self control pada peserta didik broken home maka perlu adannya rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPL BK). Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran umum peserta didik broken home di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dalan meningkatkan self control peserta didik broken home di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh gambaran tingkatan self control peserta didik broken home. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan angket self control peserta didik broken home yang telah disebarkan di PKBM Sela Pandan Kota Cirebon memiliki rekapitulasi rata-rata dengan nilai sebesar 79,92 dan termasuk kedalam kategori sedang berada pada interval 75,1-97,5. (2) Peneliti membuat program bimbingan berdasarkan hasil pengamatan self control peserta didik broken home di PKBM Sela Pandan Kota Cirebon. Program BK yang disusun peneliti disesuaikan dengan tiga aspek self control yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol pengambilan keputusan. Penerapan layanan bimbingan kelompok diharapkan dapat meningkatkan self control peserta didik broken home di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi tutor di PKBM terutama dalam memberikan bimbingan terhadap peserta didik untuk senantiasa meningkatkan self control dalam kehidupan sehari-hari.
Deskripsi: Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Control, Peserta Didik Broken Home Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FIfo3CAv4vVvYYoHCW_ENS8jtPa27aoU
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2914


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878611504_COVER MIKE 1_page-0001.jpg 211.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK BROKEN HOME (Studi Deskriptif Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022)
1685878612589_PPT SKRIPSI MIKE.pptx 137.1Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK BROKEN HOME (Studi Deskriptif Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sela Pandan Kota Cirebon Tahun Ajaran 2021/2022)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya