Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatka hasil belajar IPA tenang perubahan lingkungan pada siswa kelas IV MIN Cirebon |
| Penulis: | LILIK FARIDA (L) |
| Abstrak: | Abstrak Prosesbelajarmengajarmmerupakanhalyangsangatpentingdalampendidikan,yangdilakukanolehgurudansiswauntukmenghasilkansebuahperubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di MIN 2 Cirebon khususnyakelasIVyangmendapathasilbelajarkurangmaksimalataudibawahKKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Banyaksiswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru,bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaan-pertanyaanseputar materi pelajaran yang telah dipelajari. Siswa sering kali diberi kesempatanuntuk bertanya namun siswa hanya diam tidak berani bertanya bahkan merasa malusementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saatprosespembelajaran berlangsung. Berdasarkanpermasalahantersebut,penulistertarikuntukmelakukanpenelitian dengan judul Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV MIN 2 Cirebon, dengan jumlah siswa sebanyak22 siswa pada Tema 3 Perubahan di Alam sub tema 2 dan 3 Perubahan cuaca danIklimsertaperubahan musim. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti bertindaksebagai guru dan mitra kolaborasi yaitu guru kelas III sebagai observer. Pembelajarandilakukanselama2siklusdengan6kalipertemuan.Modelpengumpulandatamenggunakan tes tertulis,lembar observasiuntuk mengamatiaktivitas siswa danaktivitasmengajargurusertadokumentasiuntukmengetahuiprofildankeadaansekolah. Hasil penelitian dengan penggunaan metode demonstasi dapat diketahuibahwapersentasehasilbelajarsiswapadasiklusIsebesar63,64%sedangkanpersentasehasilbelajarsiswapadasiklusIImampumencapai77,27%sehinggapersentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan mengalamipeningkatansebesar 13,63%. Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdiambilkesimpulan,bahwapenggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIImata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Cirebon. Kata Kunci : Metode Demontrasi, Hasil Belajar |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Metode Demontrasi Hasil Belajar Referensi : Usman. (2022). Usman (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya. |
| URI: |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/auY7yPJNUijKAWe75zoELjjN2qQixE7.pdf
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2847 |
| File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
|---|---|---|---|---|
| 1685878188535_P ... _compressed_compressed.pdf | 793.9Kb | application/pdf |
Lihat / |
File Skripsi/Thesis |