Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatka hasil belajar IPA tenang perubahan lingkungan pada siswa kelas IV MIN Cirebon

Publikasi Unusia

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatka hasil belajar IPA tenang perubahan lingkungan pada siswa kelas IV MIN Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author LILIK FARIDA (L)
dc.contributor.editor LILIK FARIDA (L)
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:29:47Z
dc.date.available 2023-06-04T11:29:47Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.3.6.1.00541
dc.identifier.citation Usman. (2022). Usman (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya.
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/auY7yPJNUijKAWe75zoELjjN2qQixE7.pdf
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2847
dc.description Kata Kunci : Metode Demontrasi Hasil Belajar Referensi : Usman. (2022). Usman (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya.
dc.description.abstract Abstrak Prosesbelajarmengajarmmerupakanhalyangsangatpentingdalampendidikan,yangdilakukanolehgurudansiswauntukmenghasilkansebuahperubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di MIN 2 Cirebon khususnyakelasIVyangmendapathasilbelajarkurangmaksimalataudibawahKKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Banyaksiswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru,bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaan-pertanyaanseputar materi pelajaran yang telah dipelajari. Siswa sering kali diberi kesempatanuntuk bertanya namun siswa hanya diam tidak berani bertanya bahkan merasa malusementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saatprosespembelajaran berlangsung. Berdasarkanpermasalahantersebut,penulistertarikuntukmelakukanpenelitian dengan judul Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV MIN 2 Cirebon, dengan jumlah siswa sebanyak22 siswa pada Tema 3 Perubahan di Alam sub tema 2 dan 3 Perubahan cuaca danIklimsertaperubahan musim. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti bertindaksebagai guru dan mitra kolaborasi yaitu guru kelas III sebagai observer. Pembelajarandilakukanselama2siklusdengan6kalipertemuan.Modelpengumpulandatamenggunakan tes tertulis,lembar observasiuntuk mengamatiaktivitas siswa danaktivitasmengajargurusertadokumentasiuntukmengetahuiprofildankeadaansekolah. Hasil penelitian dengan penggunaan metode demonstasi dapat diketahuibahwapersentasehasilbelajarsiswapadasiklusIsebesar63,64%sedangkanpersentasehasilbelajarsiswapadasiklusIImampumencapai77,27%sehinggapersentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan mengalamipeningkatansebesar 13,63%. Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdiambilkesimpulan,bahwapenggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIImata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Cirebon. Kata Kunci : Metode Demontrasi, Hasil Belajar
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Metode Demontrasi Hasil Belajar
dc.title Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatka hasil belajar IPA tenang perubahan lingkungan pada siswa kelas IV MIN Cirebon
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878188535_P ... _compressed_compressed.pdf 793.9Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya