peningkatan kemampuan melalui media wayang pada peserta didik di mi wathaniyah wargabinangun kabupaten cirebon

Publikasi Unusia

peningkatan kemampuan melalui media wayang pada peserta didik di mi wathaniyah wargabinangun kabupaten cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: peningkatan kemampuan melalui media wayang pada peserta didik di mi wathaniyah wargabinangun kabupaten cirebon
Penulis: SITI KHODIJAH (L)
Abstrak: SITI KHODIJAH NIM. 2018.3.6.1.00546 : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA WAYANG PADA PESERTA DIDIK MI WATHANIYAH WARGABINANGUN KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia melalui media wayang pada siswa kelas V MI Wathaniyah Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatar belakangi oleh permasalahan dalam penggunaan media yang masih bersifat umum khususnya media dalam pembelajaran bahasa Indonesia, hanya sebagian guru yang menggunakan media dalam pembelajarannya. Setiap guru bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terasa menyenangkan dan jauh dari rasa jenuh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia melalui media wayang pada siswa kelas V MI Wathaniyah Wargabinangun Kaliwedi Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Wathaniyah yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia melalui media wayang menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 59,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 16%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 77,31 dengan persentase 56%, (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 82,21 dengan persentase ketuntasan 91%. Penerapan media wayang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan adanya penerapan media wayang dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia dapat merubah cara belajar dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di MI Wathaniyah Wargabinangun.
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan, Berbahasa, Wayang Referensi : ARIKUNTO SUHARSIMI. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. BUMI AKSARA.
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/WUJHQkpgPcDVsagNkUejTWSqsq0FBbr4.pdf
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2844


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878182223_SKRIPSI SITI KHODIJAH_compressed.pdf 717.6Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya