peningkatan kemampuan melalui media wayang pada peserta didik di mi wathaniyah wargabinangun kabupaten cirebon
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.author |
SITI KHODIJAH (L) |
|
| dc.contributor.editor |
SITI KHODIJAH (L) |
|
| dc.date.accessioned |
2023-06-04T11:29:42Z |
|
| dc.date.available |
2023-06-04T11:29:42Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.identifier |
2018.3.6.1.00546 |
|
| dc.identifier.citation |
ARIKUNTO SUHARSIMI. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. BUMI AKSARA. |
|
| dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/WUJHQkpgPcDVsagNkUejTWSqsq0FBbr4.pdf |
|
| dc.identifier.uri |
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2844 |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
Kemampuan, Berbahasa, Wayang
Referensi :
ARIKUNTO SUHARSIMI. (2008). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. BUMI AKSARA. |
|
| dc.description.abstract |
SITI KHODIJAH NIM. 2018.3.6.1.00546 : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA WAYANG PADA PESERTA DIDIK MI WATHANIYAH WARGABINANGUN KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia melalui media wayang pada siswa kelas V MI Wathaniyah Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatar belakangi oleh permasalahan dalam penggunaan media yang masih bersifat umum khususnya media dalam pembelajaran bahasa Indonesia, hanya sebagian guru yang menggunakan media dalam pembelajarannya. Setiap guru bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terasa menyenangkan dan jauh dari rasa jenuh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia melalui media wayang pada siswa kelas V MI Wathaniyah Wargabinangun Kaliwedi Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Wathaniyah yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia melalui media wayang menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan siswa sebesar 59,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 16%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 77,31 dengan persentase 56%, (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 82,21 dengan persentase ketuntasan 91%. Penerapan media wayang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan adanya penerapan media wayang dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia dapat merubah cara belajar dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di MI Wathaniyah Wargabinangun. |
|
| dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
| dc.subject |
Kemampuan, Berbahasa, Wayang |
|
| dc.title |
peningkatan kemampuan melalui media wayang pada peserta didik di mi wathaniyah wargabinangun kabupaten cirebon |
|
| dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana