PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON
Penulis: MUTIARA MELINDA
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh adanya pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring yang dikarenakan wabah Covid-19 berakibat pada proses pembelajaran di sekolah saat ini sangat tidak kondusif, prestasi belajar siswa menurun dikarenakan terlalu lama belajar di rumah dan pengaruh gadget sehingga ketika guru menjelaskan atau menyampaikan pembelajaran di kelas siswa tidak fokus dan pembelajaran di kelas tidak efektif seperti sebelum adanya pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh Pendampingan Orang Tua dalam pembelajaran daring terhadap Prestasi belajar IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang Pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring (X) terhadap prestasi belajar (Y). Penelitian ini merupakan penelitian sampel, karena mengambil seluruh siswa kelas V di SDIT As-Sunnah dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 56 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis random sampling. setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan nilai rapot untuk memperoleh Y. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisa serta disimpulkan. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa pendampingan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan perhtiungan T hitung > T tabel yaitu 3,257 > 1,673. Semakin tinggi pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring semakin tinggi prestasi belajar IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon dan sebaliknya semakin rendah pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring semakin rendah pula prestasi belajar mata pelajaran IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1VZTTWUnvYV9IY40Y-6aMv4_V8RA68yKN
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2835


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya