PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author MUTIARA MELINDA
dc.contributor.editor MUTIARA MELINDA
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:29:21Z
dc.date.available 2023-06-04T11:29:21Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.3.6.1.00501
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1VZTTWUnvYV9IY40Y-6aMv4_V8RA68yKN
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2835
dc.description Kata Kunci : Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA Referensi :
dc.description.abstract Skripsi ini membahas pengaruh pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh adanya pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring yang dikarenakan wabah Covid-19 berakibat pada proses pembelajaran di sekolah saat ini sangat tidak kondusif, prestasi belajar siswa menurun dikarenakan terlalu lama belajar di rumah dan pengaruh gadget sehingga ketika guru menjelaskan atau menyampaikan pembelajaran di kelas siswa tidak fokus dan pembelajaran di kelas tidak efektif seperti sebelum adanya pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh Pendampingan Orang Tua dalam pembelajaran daring terhadap Prestasi belajar IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang Pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring (X) terhadap prestasi belajar (Y). Penelitian ini merupakan penelitian sampel, karena mengambil seluruh siswa kelas V di SDIT As-Sunnah dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 56 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis random sampling. setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan nilai rapot untuk memperoleh Y. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisa serta disimpulkan. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa pendampingan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan perhtiungan T hitung > T tabel yaitu 3,257 > 1,673. Semakin tinggi pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring semakin tinggi prestasi belajar IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon dan sebaliknya semakin rendah pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring semakin rendah pula prestasi belajar mata pelajaran IPA kelas V SDIT As-Sunnah Kota Cirebon.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPA
dc.title PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SDIT AS-SUNNAH KOTA CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya