Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK IT AL-MADANI PABUARAN KABUPATEN CIREBON |
Penulis: | HURAERAH |
Abstrak: | Huraerah. 2021 “Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di TK Al-Madani Pabuaran-Cirebon”. Pendidikan di TK diharapkan dapat menjadi pondasi bagi anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal sehingga dapat terbentuk sikap, karakter dan pengetahuan anak dengan baik. Oleh karena itu pentingnya keberadaan dan kualitas pendidikan di TK, maka diperlukan mutu pendidikan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang baik dan bermutu. Dari titik inilah TK IT Al-Madani Pabuaran Kabupaten Cirebon menyelenggarakan suatu bentuk kegiatan manajemen pendidikana dalam rangka meningkatkan mutu. Penelitian ini akan membahas permasalahan tentang: (1) perencanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK IT Al-Madani Pabuaran-Cirebon. (2) Bagaimanakah pengorganisasian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK IT Al-Madani Pabuaran-Cirebon. (3) Bagaimanakah pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK IT Al-Madani Pabuaran-Cirebon, dan (4) Bagaimanakah pengawasan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK IT Al-Madani Pabuaran-Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian menggunakan satu bentuk metode pendekatan studi kasus (case study), yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian Manajemen Program Parenting di TK IT Al-Madani Pabuaran-Cirebon adalah : (1) Perencanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK IT Al-Madani Pabuaran Cirebon dengan pedoman peran tersendiri dalam mewujudkan keprofessionalan seperti kata EMASLIM ((educator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator). (2) Pengorganisasian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Al-Madani Pabuaran Cirebon dengan membuat dan memiliki struktur organisasi kepengurusan TK IT Al-Madani Pabuaran Cirebon. (3) Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Al-Madani Pabuaran Cirebon dilakukannnya dengan menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai EMASLIM yaitu: edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator dengan berhasil baik. (4) Evaluasi pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Al-Madani Pabuaran Cirebon dilakukannnya dengan melakukan supervisi secara kesinambungan dan melakukan kegiatan evaluasi program. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Manajemen, Kepemimpinan dan Mutu Pendidikan. Referensi : |
URI: | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/795 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |