Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.advisor | Dr. Mumun Munawaroh, M.Si | |
| dc.contributor.advisor | Dr. Nurul Iman Mustopa, M.Ag. | |
| dc.contributor.author | Rizal Fadhlul M. | |
| dc.contributor.editor | Rizal Fadhlul M. | |
| dc.contributor.other | Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A. | |
| dc.contributor.other | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
| dc.contributor.other | Dr. Mashuri, M.Pd. | |
| dc.contributor.other | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
| dc.date.accessioned | 2023-01-04T03:40:09Z | |
| dc.date.available | 2023-01-04T03:40:09Z | |
| dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon | |
| dc.date.issued | 2021-11-27 | |
| dc.identifier | 2019.8.1.4.0120 | |
| dc.identifier.uri | https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FoRmP-KJg0yMGaKSUkN9S07tfgnDmNu4 | |
| dc.identifier.uri | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/768 | |
| dc.description | Kata Kunci : Referensi : | |
| dc.description.abstract | Pendidikan karakter kepemimpinan merupakan sebuah proses dalam menanamkan suatu pemahaman, kesadaran dan kemampuan bertindak sebagai seorang pemimpin yang ideal sesuai dengan norma, etika nilai/prinsip moral. Organisasi pelajar merupakan salah satu pilihan efektif yang bisa dijadikan strategi dalam pendidikan karakter kepemimpinan, karena didalamnya terdapat nilai dan peranan yang bukan hanya pemahaman yang ditanamkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan : (1) Kondisi objek dan profil Pondok Pesantren Modern Al-Islam sebagai lembaga yang memprioritaskan pendidikan karakter kepemimpinan, (2) Metode pendidikan karakter kepemimpinan yang diterapkan, (3) Manajemen proses strategi pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar, dan (4) Hasil pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan menyimpulkan (conclussion). selanjutnya pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Islam merupakan strategi yang efektif untuk pendidikan karakter kepemimpinan karena di dalamnya meliputi: (1) Objek dan profil yang strategis untuk pendidikan karakter kepemimpinan, (2) Menerapkan multi metode pendidikan meliputi: (a) keteladanan, (b) arahan, (c) pembiasaan, dan (d) penugasan. (3) Menerapkan fungsi manajemen melalui: (a) perencanan (planning), (b) pengorganisasian (organizing), (c) Penerapan (actuating), dan (d) pengawasan (controlling), serta (4) Tercapainya target hasil pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar di Pondok Pesantren Modern Al-Islam. Kata Kunci: strategi, pendidikan-karakter, kepemimpinan, organisasi, pelajar | |
| dc.publisher | Manajemen Pendidikan Islam (S2) | |
| dc.subject | ||
| dc.title | STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MELALUI ORGANISASI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM CIREBON | |
| dc.type | Thesis S2 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||