STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MELALUI ORGANISASI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM CIREBON

Publikasi Unusia

STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MELALUI ORGANISASI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MELALUI ORGANISASI PELAJAR DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM CIREBON
Penulis: Rizal Fadhlul M.
Abstrak: Pendidikan karakter kepemimpinan merupakan sebuah proses dalam menanamkan suatu pemahaman, kesadaran dan kemampuan bertindak sebagai seorang pemimpin yang ideal sesuai dengan norma, etika nilai/prinsip moral. Organisasi pelajar merupakan salah satu pilihan efektif yang bisa dijadikan strategi dalam pendidikan karakter kepemimpinan, karena didalamnya terdapat nilai dan peranan yang bukan hanya pemahaman yang ditanamkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menemukan : (1) Kondisi objek dan profil Pondok Pesantren Modern Al-Islam sebagai lembaga yang memprioritaskan pendidikan karakter kepemimpinan, (2) Metode pendidikan karakter kepemimpinan yang diterapkan, (3) Manajemen proses strategi pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar, dan (4) Hasil pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan menyimpulkan (conclussion). selanjutnya pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Al-Islam merupakan strategi yang efektif untuk pendidikan karakter kepemimpinan karena di dalamnya meliputi: (1) Objek dan profil yang strategis untuk pendidikan karakter kepemimpinan, (2) Menerapkan multi metode pendidikan meliputi: (a) keteladanan, (b) arahan, (c) pembiasaan, dan (d) penugasan. (3) Menerapkan fungsi manajemen melalui: (a) perencanan (planning), (b) pengorganisasian (organizing), (c) Penerapan (actuating), dan (d) pengawasan (controlling), serta (4) Tercapainya target hasil pendidikan karakter kepemimpinan melalui organisasi pelajar di Pondok Pesantren Modern Al-Islam. Kata Kunci: strategi, pendidikan-karakter, kepemimpinan, organisasi, pelajar
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FoRmP-KJg0yMGaKSUkN9S07tfgnDmNu4
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/768
Tanggal: 2021-11-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya