MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Affandi Mochtar, MA
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author Ratini
dc.contributor.editor Ratini
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Abdul Karim, M. Pd. I
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:03Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:03Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-12-16
dc.identifier 2018.8.1.3.0050
dc.identifier.citation Mulyasa. (2014). MANAJEMEN PAUD. PT. REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id
dc.identifier.citation Martin, Nurhattati Fuad. (2018). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. PT.RAJAGRAFINDO PERSADA. Retrieved from www.rajagrafindo.co.id
dc.identifier.citation Ahmad Nurabadi. (2014). MANAJEMEN SARANA & PRASARANA PENDIDIKAN. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Retrieved from e-mail: fip@malang.ac.id
dc.identifier.citation Syarbaini Saleh. (2017). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. CV.Widya Puspita. Retrieved from Copyright c 207.cv Widya Puspita,Medan
dc.identifier.citation Suyadi, Dahlia. (2014). KURIKULUM PAUD 2013. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id
dc.identifier.citation Suyadi. (2014). TEORI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id
dc.identifier.citation Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com
dc.identifier.citation Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA.cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1fI5Gi0bBk_AkvlKcY5n70yiJY0WKm3Mx
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/764
dc.description Kata Kunci : Manajemen, sarana-prasarana, mutu, pendidikan Referensi : Mulyasa. (2014). MANAJEMEN PAUD. PT. REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Martin, Nurhattati Fuad. (2018). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. PT.RAJAGRAFINDO PERSADA. Retrieved from www.rajagrafindo.co.id Ahmad Nurabadi. (2014). MANAJEMEN SARANA & PRASARANA PENDIDIKAN. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Retrieved from e-mail: fip@malang.ac.id Syarbaini Saleh. (2017). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. CV.Widya Puspita. Retrieved from Copyright c 207.cv Widya Puspita,Medan Suyadi, Dahlia. (2014). KURIKULUM PAUD 2013. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Suyadi. (2014). TEORI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA.cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com
dc.description.abstract Ratini.2021.Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di TK Negeri Pembina Kota Cirebon. Salah satu TK Negeri yang terakreditasi A di kota Cirebon adalah TK Negeri Kota Cirebon, untuk mendapatkan akreditasi A terdapat penilaian dari berbagai aspek termasuk tentang standar sarana dan prasarana di lembaga pendidikan dan pengelolaannya. Akan tetapi belum ada bidang sarana prasarana atau personel yang diberikan tanggung jawab terhadap pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon . hal ini menjadi fenomena menarik di teliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengadaan, pengaturan, dan penggunaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Key informan adalah Kepala sekolah TK Negeri Pembina kota Cirebon, kemudian ditambah informan lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) perencanaan dimulai dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana apa saja yang akan diadakan. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat tim pengembang sekolah TK selanjutnya disampaikan ke ketua komite kemudian pihak pemerintah. 2) pengadaan sarana dan prasarana merupakanotonomi taman kanak-kanak dengan anggaran tersendiri yang berasal dari dana BOP pemerintah. Proses pengadaan sarana dan prasarana ditetapkan oleh kepala TK dengan koordinasi bendaharan kemudian guru menyediakan barang apa saja sesuai kebutuhan. Proses pengadaannya dilakukan dengan cara pembelian. 3) pengaturan sarana dan prasarana pendidikan di TK Negeri melalui inventarisasi, penyimpanan dan pemeliharaan yang dilakukan dengan baik. 4) penggunaan sarana dan prasarana dilakukan dengan penjadwalan serta penunjukan personel atau petugas yang sesuai dengan keahlian pada bidangnya serta bertanggung jawab dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah TK Negeri pembina tersebut.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, sarana-prasarana, mutu, pendidikan
dc.title MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803604052_cover-1.jpg 111.7Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya