Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON |
Penulis: | Ratini |
Abstrak: | Ratini.2021.Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di TK Negeri Pembina Kota Cirebon. Salah satu TK Negeri yang terakreditasi A di kota Cirebon adalah TK Negeri Kota Cirebon, untuk mendapatkan akreditasi A terdapat penilaian dari berbagai aspek termasuk tentang standar sarana dan prasarana di lembaga pendidikan dan pengelolaannya. Akan tetapi belum ada bidang sarana prasarana atau personel yang diberikan tanggung jawab terhadap pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon . hal ini menjadi fenomena menarik di teliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengadaan, pengaturan, dan penggunaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam manajemen sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pendidikan di TK Negeri Pembina kota Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Key informan adalah Kepala sekolah TK Negeri Pembina kota Cirebon, kemudian ditambah informan lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) perencanaan dimulai dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana apa saja yang akan diadakan. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat tim pengembang sekolah TK selanjutnya disampaikan ke ketua komite kemudian pihak pemerintah. 2) pengadaan sarana dan prasarana merupakanotonomi taman kanak-kanak dengan anggaran tersendiri yang berasal dari dana BOP pemerintah. Proses pengadaan sarana dan prasarana ditetapkan oleh kepala TK dengan koordinasi bendaharan kemudian guru menyediakan barang apa saja sesuai kebutuhan. Proses pengadaannya dilakukan dengan cara pembelian. 3) pengaturan sarana dan prasarana pendidikan di TK Negeri melalui inventarisasi, penyimpanan dan pemeliharaan yang dilakukan dengan baik. 4) penggunaan sarana dan prasarana dilakukan dengan penjadwalan serta penunjukan personel atau petugas yang sesuai dengan keahlian pada bidangnya serta bertanggung jawab dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah TK Negeri pembina tersebut. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Manajemen, sarana-prasarana, mutu, pendidikan Referensi : Mulyasa. (2014). MANAJEMEN PAUD. PT. REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Martin, Nurhattati Fuad. (2018). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. PT.RAJAGRAFINDO PERSADA. Retrieved from www.rajagrafindo.co.id Ahmad Nurabadi. (2014). MANAJEMEN SARANA & PRASARANA PENDIDIKAN. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Retrieved from e-mail: fip@malang.ac.id Syarbaini Saleh. (2017). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN. CV.Widya Puspita. Retrieved from Copyright c 207.cv Widya Puspita,Medan Suyadi, Dahlia. (2014). KURIKULUM PAUD 2013. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Suyadi. (2014). TEORI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. PT.REMAJA ROSDAKARYA. Retrieved from www.rosda.co.id Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN. ALFABETA.cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com |
URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1fI5Gi0bBk_AkvlKcY5n70yiJY0WKm3Mx
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/764 |
Tanggal: | 2021-12-16 |
File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
---|---|---|---|---|
1672803604052_cover-1.jpg | 111.7Kb | image/jpeg |
Lihat / |
Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA CIREBON |