dc.contributor.advisor |
Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd. |
|
dc.contributor.advisor |
Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I. |
|
dc.contributor.author |
NUR AL FATAH |
|
dc.contributor.editor |
NUR AL FATAH |
|
dc.contributor.other |
Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A. |
|
dc.contributor.other |
Dr. Dian Widiantari, M.Ag. |
|
dc.contributor.other |
Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. |
|
dc.contributor.other |
Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd. |
|
dc.date.accessioned |
2023-01-04T03:39:18Z |
|
dc.date.available |
2023-01-04T03:39:18Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2022-06-22 |
|
dc.identifier |
2020.8.1.5.0133 |
|
dc.identifier.citation |
Pendi Susanto Duryat :Masduki Duryat. (2019). Paradigma Baru Manajemen Sekolah di Era Industri 4.0. Alfabeta. |
|
dc.identifier.uri |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1zw0l8qTzATLJIJf0TIEFzx7nf_N6iTZ4 |
|
dc.identifier.uri |
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/733 |
|
dc.description |
Kata Kunci :
Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Motivasi kerja
Referensi :
Pendi Susanto Duryat :Masduki Duryat. (2019). Paradigma Baru Manajemen Sekolah di Era Industri 4.0. Alfabeta. |
|
dc.description.abstract |
Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin di sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Peningkatan mutu pendidikan erat kaitannya dengan kinerja guru. Kinerja guru adalah hasil kerja yang dapat dicapai guru di sekolah sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya dalam upaya mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah. Salah satu cara kepala sekolah untuk mengetahui kinerja guru yaitu dengan mengadakan supervisi. Selain adanya supervisi akademik juga perlu adanya motivasi kerja kepala sekolah. Dengan motivasi kerja kepala sekolah diharapkan akan mampu mendorong guru untuk berkinerja lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang hubungan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru, serta hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri se wilayah Timur Kabupaten Cirebon ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan angket dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 24 for windows. Hasil penelitian di SMA Negeri sewilayah Timur Kabupaten Cirebon menyimpulkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja kepala sekolah ada hubungannya dengan kinerja guru. Hal tersebut berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Correlation dengan menggunakan SPSS 24 sebesar 0,400 dan bertanda**, dan besarnya probabilitas 0,000 berarti 0,0000,025 sedangkan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 24 perhitungan Chi-Square Tests diperoleh nilai Asymptotic Significance (2-sided) sebesar 0,000 atau probabilitas dibawah 0,050 (0,0000,050) berarti Hi diterima dan Ho ditolak. |
|
dc.publisher |
Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
|
dc.subject |
Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Motivasi kerja |
|
dc.title |
Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon |
|
dc.type |
Thesis S2 |
|