Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon
Penulis: NUR AL FATAH
Abstrak: Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin di sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya. Peningkatan mutu pendidikan erat kaitannya dengan kinerja guru. Kinerja guru adalah hasil kerja yang dapat dicapai guru di sekolah sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya dalam upaya mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah. Salah satu cara kepala sekolah untuk mengetahui kinerja guru yaitu dengan mengadakan supervisi. Selain adanya supervisi akademik juga perlu adanya motivasi kerja kepala sekolah. Dengan motivasi kerja kepala sekolah diharapkan akan mampu mendorong guru untuk berkinerja lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang hubungan supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru, serta hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri se wilayah Timur Kabupaten Cirebon ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan angket dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 24 for windows. Hasil penelitian di SMA Negeri sewilayah Timur Kabupaten Cirebon menyimpulkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja kepala sekolah ada hubungannya dengan kinerja guru. Hal tersebut berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Correlation dengan menggunakan SPSS 24 sebesar 0,400 dan bertanda**, dan besarnya probabilitas 0,000 berarti 0,0000,025 sedangkan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 24 perhitungan Chi-Square Tests diperoleh nilai Asymptotic Significance (2-sided) sebesar 0,000 atau probabilitas dibawah 0,050 (0,0000,050) berarti Hi diterima dan Ho ditolak.
Deskripsi: Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Akademik, Motivasi kerja Referensi : Pendi Susanto Duryat :Masduki Duryat. (2019). Paradigma Baru Manajemen Sekolah di Era Industri 4.0. Alfabeta.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1zw0l8qTzATLJIJf0TIEFzx7nf_N6iTZ4
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/733
Tanggal: 2022-06-22


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803559174_Cover Tesis.jpg 231.6Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon
1672803559669_PPt Tesis Nur AF.pptx 111.4Kb application/octet-stream Lihat / Buka Presentasi Skripsi/Thesis Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMA Negeri se Wilayah Timur Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya