PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN BINAAN GUGUS IV KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN BINAAN GUGUS IV KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SDN BINAAN GUGUS IV KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: Rosihan Hamzah
Abstrak: Rosihan Hamzah NIM. 20198.8.4.0114 “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru di Sdn Binaan Gugus IV Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon”. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang mempunyai pengaruh besar dan dapat menentukan maju atau tidaknya sekolah yang dipimpin serta memiliki kemampuan administrasi, memiliki pendirian yang tetap, dan berhak dalam menjalankan setiap tugasnya. Berdasarkan pengamatan penelitian terhadap SDN Binaan gugus IV kinerja guru rendah dan perlu ada peningkatan. Tujuan penelitian ini ingin memperoleh dan menganalisis data tentang: (1) untuk Mengetahui Apakah Terdapat Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru di SDN Binaan gugus IV Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. (2) untuk mengetahui Mengetahui Apakah Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SDN Binaan gugus IV Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. (3). Untuk Mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Kompetensi Profesional guru terhadap kinerja guru di SDN Binaan gugus IV Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon (4). Untuk Mengetahui Apakah Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Kinerja Guru di SDN Binaan gugus IV Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon? Adapun Metode yang digunakan adalah dengan metode Ex Pos Facto dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi data pendidik adalah 55 orang.Teknik Pengumpulan data yang utama digunakan adalah Angket Hasil penelitian ini menunjukan (1) hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Kompetensi Profesional Guru (X2). Koefisien korelasinya sebesar 0,478 dengan nilai Sig. 0,000 (0,05) yang berarti terdapat korelasi secara signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kompetensi Profesional Guru dengan kategori hubungan yang positif. (2) Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap Motivasi Belajar SiswKinerja Guru positif yaitu sebesar 19,1% dan sisanya sebesar 80,9% dipengaruhi faktor lain. (3) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru yaitu sebesar 24,5% dan sisanya sebesar 75,5% dipengaruhi faktor lain. (4) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional guru terhadap Kinerja Guru yaitu sebesar 31,8% dan sisanya sebesar 68,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kinerja Guru akan menjadi optimal bilamana di intergasikan dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional yang baik pula.
Deskripsi: Kata Kunci : : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi professional Guru, Kinerja Guru Referensi : Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1mqx5sYcXvuIJlMzZsyTvtMyTBRvaXMXK
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/731
Tanggal: 2022-06-22


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya