MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL AHGAFF KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL AHGAFF KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.advisor Dr. Asep Mulyana, M.Si
dc.contributor.author Saefah
dc.contributor.editor Saefah
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Muaripin, M. Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:39:11Z
dc.date.available 2023-01-04T03:39:11Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-07-01
dc.identifier 2018.8.1.3.0051
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1it1qKVvpooO89r9Cg2E9AXQhdFQuhwW6
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/724
dc.description Kata Kunci : Manajemen dan Tahfidz Al-Qur’an Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK MANAJEMEN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-AHGAFF KOTA CIREBON Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an (menghafal Al-Qur’an) di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an yang meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren, Ustadz, Santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Ahgaff Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan data reduction, data display dan verification. Berdasarkan penelitian manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an , hasil penelitian menunjukan pertama prencanaan, dengan menentukan tujuan, isi dan strategi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an. Kedua, pengorganisasian pembelajaran tahfidz Al- Qur’an dengan memberi tugas-tugas sesuai dengan kemampuan. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dilaksanakan di pondok pesantren tahfiz Al Ahgaff secara rutin dan berkesinambungan. Metode yang digunakan dalam mengaji tahfidz yaitu Muraja’ah, sima’an, dan setoran. Keempat, pengawasan pembelajaran tahfiz Al- Qur’an mulai dari cara mengajar dengan memberi nasehat-nasehat ataupun motivasi kepada santri. dan kelima, evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dilakukan dengan cara evaluasi tes setoran nilai yang dibuktikan dengan buku prestasiharian hafalan digunakan sebagai nilai kelancaran atau tidak pada santri tersebut, yang kedua tes setoran nisfusanah (pertengahan tahun) yang dilaksanakan pada bulanrabiul awal, kemudian tes setoran hafalan akhirussanah (ahir tahun) yang dilaksanakan pada bulan dzulhijah santri meyetorkan semua hafalan selama setahun menghafal dan bagi santri yang sudah hafal 30 juz akan diadakan ujian syamil yangterdiri dari tiga tahapan, tahapan yang pertama santri mengkhatamkan Al-Qur’an dalam waktu tiga hari, tahapan yang ke dua santri mengkhatamkan Al-Qur’an dalamwaktu dua hari dan kemudian tahapan yang ke tiga atau yang terahir santri mampu mengkhatamkan Al- Qur'an dalam waktu hanya satu hari dengan cara menghafal. bagisantri yang lulus pada ujian syamil maka akan mendapatkan ijazah yaitu sanad bacaan Al-Qur’an yang bersambung sampai Rasulullah SAW.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen dan Tahfidz Al-Qur’an
dc.title MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL AHGAFF KOTA CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1672803551297_GAMBAR COVER.jpg 64.84Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL AHGAFF KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya