MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Masduki, M. Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.author TAJUDIN ARIFIN
dc.contributor.editor TAJUDIN ARIFIN
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:38:30Z
dc.date.available 2023-01-04T03:38:30Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-09-10
dc.identifier 2020.8.1.5.0175
dc.identifier.citation Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen.
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=12pXqgadmFbhyL_B8-eX6CcjMUDdJus7w
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/690
dc.description Kata Kunci : Manajemen, Literasi Digital, Madrasah Aliyah dan Mutu Lulusan. Referensi : Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen.
dc.description.abstract ABSTRAK Tajudin Arifin. NIM. 2020.8.1.5.0175 “Manajemen Program Literasi Digital Dalam Mengembangkan Mutu Lulusan Di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu”. Era teknologi informasi menuntut lembaga pendidikan untuk mampu menerapkan dunia digital pada lingkungan sekolah serta dapat mengembangkan mutu lulusan peserta didik secara maksimal. Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar, satuan pendidikan harus memiliki strategi peningkatan kompetensi literasi digital untuk mengembangkan mutu lulusan yang berdaya saing global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program literasi digital di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi Pimpinan Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Komite Madrasah, Guru serta Wali santri Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener. Instrumen penelitiannya peneliti dengan pengumpulan data berdasarkan caranya yaitu in depth interview, observasi, dan studi dokumentasi dan triangulasi data. Adapun analisis data dilakukan dengan collecting, reduction dan conclusion. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas, depenabilitas. Manajemen program literasi digital di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan melakukan analisis SWOT kebutuhan program, kemudian mcmbentuk penanggungjawab, desain program, desain instrument kepuasan dan efektivitas, serta rencana anggaran. Pengorganisasian program literasi digital dilakukan meliputi penetapan dan pembagian job description para penanggungjawab, dan peserta program. Pelaksanaan program literasi digital dilakukan di ruang laboratorium komputer dan luar ruangan, sesuai dengan materi yang diberikan. Pengawasan dilakukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah dan Komite Madrasah secara berkala tiap satu semester sekali. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen program literasi digital di Pondok Pesantren berkontribusi pada pengembangan kompetensi mutu lulusan santri di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen, Literasi Digital, Madrasah Aliyah dan Mutu Lulusan.
dc.title MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya