MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH AL-MU’MINIEN LOHBENER INDRAMAYU
Penulis: TAJUDIN ARIFIN
Abstrak: ABSTRAK Tajudin Arifin. NIM. 2020.8.1.5.0175 “Manajemen Program Literasi Digital Dalam Mengembangkan Mutu Lulusan Di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu”. Era teknologi informasi menuntut lembaga pendidikan untuk mampu menerapkan dunia digital pada lingkungan sekolah serta dapat mengembangkan mutu lulusan peserta didik secara maksimal. Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar, satuan pendidikan harus memiliki strategi peningkatan kompetensi literasi digital untuk mengembangkan mutu lulusan yang berdaya saing global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program literasi digital di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi Pimpinan Pesantren, Kepala Madrasah Aliyah, Komite Madrasah, Guru serta Wali santri Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener. Instrumen penelitiannya peneliti dengan pengumpulan data berdasarkan caranya yaitu in depth interview, observasi, dan studi dokumentasi dan triangulasi data. Adapun analisis data dilakukan dengan collecting, reduction dan conclusion. Keabsahan data dilakukan meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas, depenabilitas. Manajemen program literasi digital di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan diawali dengan melakukan analisis SWOT kebutuhan program, kemudian mcmbentuk penanggungjawab, desain program, desain instrument kepuasan dan efektivitas, serta rencana anggaran. Pengorganisasian program literasi digital dilakukan meliputi penetapan dan pembagian job description para penanggungjawab, dan peserta program. Pelaksanaan program literasi digital dilakukan di ruang laboratorium komputer dan luar ruangan, sesuai dengan materi yang diberikan. Pengawasan dilakukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren, Kepala Madrasah dan Komite Madrasah secara berkala tiap satu semester sekali. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen program literasi digital di Pondok Pesantren berkontribusi pada pengembangan kompetensi mutu lulusan santri di Pondok Pesantren Al-Mu’minien Lohbener Indramayu.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Literasi Digital, Madrasah Aliyah dan Mutu Lulusan. Referensi : Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=12pXqgadmFbhyL_B8-eX6CcjMUDdJus7w
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/690
Tanggal: 2022-09-10


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya