MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Firman Nugraha, M. Ag.
dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.author AGUS EDI SUHAEDI
dc.contributor.editor AGUS EDI SUHAEDI
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Pendi Susanto, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.date.accessioned 2022-06-16T01:46:35Z
dc.date.available 2022-06-16T01:46:35Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2022-06-04
dc.identifier 2020.8.1.5.0010
dc.identifier.citation Ec Nurmansyah SR. (2022). Pengantar Manajemen Modern. CV. Alfabeta.
dc.identifier.citation Thomas Lickona. (1991). Education for Character. Bantam Books.
dc.identifier.citation Certo S Travis. (2012). Modern Management-Concepts and skill. Pearson.
dc.identifier.citation John W. Creswell. (2019). Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Sage Publication, Inc; Penerbit Pustaka Pelajar.
dc.identifier.citation Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
dc.identifier.citation Dr. Aan Hasanah, M.Ed. (2014). Kerangka Konsep Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Penjaminan Mutu.
dc.identifier.citation Dede Maspupah. (2021). Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumi ayu Kabupaten Brebes. Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
dc.identifier.citation Dian Widiantari. (2020). Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp di MA Daarul Ulum PUI Majalengka. Eduprof: Islamic Education Journal.
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FCUjW4z4POJ6FlVwdEKdt81W_qif15KR
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Manajemen Segregasi Gender Tunggal, Pendidikan Karakter Referensi : Ec Nurmansyah SR. (2022). Pengantar Manajemen Modern. CV. Alfabeta. Thomas Lickona. (1991). Education for Character. Bantam Books. Certo S Travis. (2012). Modern Management-Concepts and skill. Pearson. John W. Creswell. (2019). Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Sage Publication, Inc; Penerbit Pustaka Pelajar. Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Dr. Aan Hasanah, M.Ed. (2014). Kerangka Konsep Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Penjaminan Mutu. Dede Maspupah. (2021). Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumi ayu Kabupaten Brebes. Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Dian Widiantari. (2020). Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp di MA Daarul Ulum PUI Majalengka. Eduprof: Islamic Education Journal.
dc.description.abstract ABSTRAK Agus Edi Suhaedi. NIM. 2020.8.1.5.0010 “Manajemen Segregasi Gender Tunggal Dalam Membina Karakter Kemandirian Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka” Perubahan lingkungan di satuan pendidikan sudah sedemikian dinamis yang memaksa melakukan perubahan terhadap visi dan misi serta strategi. Para orang tua, pendidik dan semua pihak yang terlibat dalam pendidikan mengeluhkan mengapa pendidikan karakter di Indonesia belum menunjukan hail yang menggembirakan. Terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar salah satu indikasi perlunya sebuah model pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pemisahan kelas dalam membina karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan orang tua siswa. Instrumen yang penulis gunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi serta trianggulasi. Analis data dengan cara menyusun dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, memberi kode data, menerapkan coding, menganalisis hasil coding, serta memaknai tema dan deskripsi. Keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas serta depenabilitas. Perencanaan diawali dengan mengetahui latar belakang program, landaskan kurikulum, desain kurikulum. Menganalisis pengorganisasian program segregasi gender tunggal bahwa semua tenaga pendidik serta tenaga kependidikan seluruhnya mendukung program sergregasi gender tunggal. Program ini dilaksanakan hanya pada kegiatan belajar mengajar saja. Pengaruh sergregasi gender tunggal terlihat dari meningkatknya karakter siswa, lebih fokus belajar serta aktif dalam setiap kegiatan. Pengendalian program segregasi gender tunggal dengan cara dilakukan penilaian setiap seminggu sekali, fokus pengendalian terhadap peningkatan karakter kemandirian.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Kata Kunci: Manajemen Segregasi Gender Tunggal, Pendidikan Karakter
dc.title MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya