MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Publikasi Unusia

MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN SEGREGASI GENDER TUNGGAL DALAM MEMBINA KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAJA KABUPATEN MAJALENGKA
Penulis: AGUS EDI SUHAEDI
Abstrak: ABSTRAK Agus Edi Suhaedi. NIM. 2020.8.1.5.0010 “Manajemen Segregasi Gender Tunggal Dalam Membina Karakter Kemandirian Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka” Perubahan lingkungan di satuan pendidikan sudah sedemikian dinamis yang memaksa melakukan perubahan terhadap visi dan misi serta strategi. Para orang tua, pendidik dan semua pihak yang terlibat dalam pendidikan mengeluhkan mengapa pendidikan karakter di Indonesia belum menunjukan hail yang menggembirakan. Terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar salah satu indikasi perlunya sebuah model pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pemisahan kelas dalam membina karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan orang tua siswa. Instrumen yang penulis gunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi serta trianggulasi. Analis data dengan cara menyusun dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, memberi kode data, menerapkan coding, menganalisis hasil coding, serta memaknai tema dan deskripsi. Keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas serta depenabilitas. Perencanaan diawali dengan mengetahui latar belakang program, landaskan kurikulum, desain kurikulum. Menganalisis pengorganisasian program segregasi gender tunggal bahwa semua tenaga pendidik serta tenaga kependidikan seluruhnya mendukung program sergregasi gender tunggal. Program ini dilaksanakan hanya pada kegiatan belajar mengajar saja. Pengaruh sergregasi gender tunggal terlihat dari meningkatknya karakter siswa, lebih fokus belajar serta aktif dalam setiap kegiatan. Pengendalian program segregasi gender tunggal dengan cara dilakukan penilaian setiap seminggu sekali, fokus pengendalian terhadap peningkatan karakter kemandirian.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Manajemen Segregasi Gender Tunggal, Pendidikan Karakter Referensi : Ec Nurmansyah SR. (2022). Pengantar Manajemen Modern. CV. Alfabeta. Thomas Lickona. (1991). Education for Character. Bantam Books. Certo S Travis. (2012). Modern Management-Concepts and skill. Pearson. John W. Creswell. (2019). Research Design; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Sage Publication, Inc; Penerbit Pustaka Pelajar. Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Dr. Aan Hasanah, M.Ed. (2014). Kerangka Konsep Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Penjaminan Mutu. Dede Maspupah. (2021). Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumi ayu Kabupaten Brebes. Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Dian Widiantari. (2020). Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp di MA Daarul Ulum PUI Majalengka. Eduprof: Islamic Education Journal.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FCUjW4z4POJ6FlVwdEKdt81W_qif15KR
Tanggal: 2022-06-04


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya