Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plumbon Cirebon

Repositori IAIBBC

Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plumbon Cirebon

Perlihat publikasi penuh

Title: Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plumbon Cirebon
Author: AAM SITI SALAMAH
Abstract: ABSTRAK AAM SITI SALAMAH. NIM. 2014.17.01860 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PLUMBON CIREBON Skripsi ini mengacu pada masalah pokok yaitu rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang sering digunakan guru adalah model pembelajaran konvensional, sehingga siswa tidak bisa memperoleh kesempatan mengembangkan potensi berfikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional, mendeskripsikan bagaimana hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Market Place Activity, dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran Market Place Activity. Model pembelajaran Market Place Activity adalah bagian dari model-model pembelajaran kooperatif yang merupakan metode pembelajaran berupa kegiatan pasar, dimana siswa dapat melakukan aktivitas jual beli informasi. Terdapat kelompok siswa pemilik informasi untuk dijual kepada kelompok lain yang membeli informasi. Informasi yang diperjualbelikan adalah materi yang dipelajari pada hari itu. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen populasi yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA IV, X MIPA V, dan X IPS I SMAN 1 Plumbon Cirebon yang berjumlah 103 siswa dan pengambilan sampel dilakukan di kelas X MIPA IV 31 siswa dan X IPS I 20 siswa, sampel seluruhnya berjumlah 51 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan teknik tes (Variabel X_1 dan Variabel X_2) kepada 51 sampel. Berdasarkan hasil analisis data, pada analisis presentase disimpulkan sebanyak Hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat pengaruh yang sangat kuat antara kemampuan baca tulis al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi r xy = 0,94(interval korelasi 0,80 – 1,000= sangat kuat). Nilai Koefisien Determinan (KD) bahwa variabel X memberi kontribusi atau sumbangan sebesar 88 % (KD = r^2 x 100% = 〖0,94〗^2 x 100% = 0,8836 x 100% dibulatkan menjadi 88%) terhadap variabel Y. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung= 13,82 > 2,060 t-tabel , dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an dalam kegiatan ektrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di DTA Wathoniyah Rawaurip Kabupaten Cirebon.
Description: Kata Kunci : Efektivitas, Hasil Belajar
URI: http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/402
Date: 2019-05-27


Files in this item

Files Size Format View Description
1591969799986_skripsi pdf.pdf 1.525Mb PDF View/Open File skripsi
1591969800123_Cover.docx 41.87Kb Unknown View/Open Cover skripsi Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plumbon Cirebon

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihat publikasi penuh

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku