PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA MI DI ASSALAFIYAH BODELOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA MI DI ASSALAFIYAH BODELOR KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
LUKMAN BAHTIAR
|
Abstrak:
|
Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu ketrampilan membaca permulaan siswa sangat rendah, hal ini disebabkan masih banyak siswa yang belum memahami keterampilan membaca permulaan, sehingga ssiwa kesulitan untuk mengikuti proses belajar di dalam kelas. Selain itu penggunan model yang tidak sesuai dengan usia anak MI kelas I. Mempengaruhi keterampilan dalam membaca adalah masih banya siswa yang sebelumnya belum sekolah seperti sekolah di PAUD, TK dan Madrasa sehingga keterampilan membaca siswa harus Mulai dari tahap awal
Tujuan penelitan ini adalah untuk seberapa kuat kemampuan keterampilan membaca siswa megunakan medel Card Sort, dalam keterampilan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Peneliti megunkan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas I MI Assalafiyah Bodelor kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon yang digunkan adalah 40 siswa karena populasi lebih dari 100 siswa yaitu jumblah kelas A sampai F yang berjumlah 6 kelas dan jumlah siswa kelas I dari A sampe F adalah berjumlah 228 siswa jadi penelitian ini mengambil sempling satu kelas yaitu kelas ID, yang berjumlah 40 siswa.
kesimpulan dari penelitian yang diperoleh bahwa nilai angket mengunaan model Card Sort dalam variabel X 79,3% artinya baik. Dari hasil keterampilan membaca belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 81,6% yang artinya sangat baik, berdasarkan uji normalitas data nilai chi kuadrat 67,2, taraf kepercayaan 0,05, variabel Y nilai X^2 hitung (67,2) e X^2 X^2 tabel (11,070) , kesimpulan variabel X dan Y, taraf kepercayaan 0,05 F_hitung (0,0548) d F_(tabel )(0,92) artinya data linier. Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mi Asalafiyah Bodelor Kecamatan Plumbon Kabupanten Cirebon, rxy = 1,04. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl1yQSimJfd478AihtcgX5YUxIWvoXvy6%2Bw%2FLOegKJsafHmSDRlUE5Xwb%2FzfNzgsBzfRu%2F1YkAh2N3pNfwZuBzFSXJA%2BBAG9GAkWhCuvLWOlMXicxuMJLm4hG3U%2F%2BTCjaPTV%2FEwGe2tJZlg9xNoTP1mGek3VUjotDk%3D
|
Tanggal:
|
2019-06-19 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap