Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI LEARNING BURNOUT PADA SISWA KELAS X PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO (PKM) 1 DI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG |
| Penulis: | AYUPURI RACHMAWATI |
| Abstrak: | AYUPURI RACHMAWATI NIM. 2018.9.2.1.00062, judul skripsi : EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI LEARNING BURNOUT PADA SISWA KELAS X PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO (PKM) 1 DI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG. Skripsi ini membahas efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik self regulation learning untuk mereduksi learning burnout kelas X PKM 1 di SMK Negeri 1 Kedawung. Kajiannya dilatar belakangi oleh gejala yang ditampilkan oleh peserta didik, seperti tidak bersemangat, kurangnya minat mengikuti pembelajaran, merasa bosan dan mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kejenuhan belajar sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan perlakuan (treatment) serta menguji keefektivitasan layanan bimbingan kelompok teknik self regulation learning untuk mereduksi learning burnout (kejenuhan belajar) kelas X PKM 1 di SMK Negeri 1 Kedawung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen dengan desain penelitian adalah true experimental design dengan pola pretest-posttest control group design. Pada design ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok control. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistic 25.0. Hasil penelitian yang ditunjukan dengan kondisi awal nilai rata-rata kelompok eksperimen (pretest) adalah 96.14 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 87.43. kemudian diberikan perlakuan berupa treatment layanan bimbingan kelompok teknik self regulation learning kemudian menghasilkan adanya perubahan nilai rata-rata kelompok eksperimen 95.00 dan kelompok kontrol 87.29ditunjukan dengan hasil setelahnya diberikan treatment (posttest) dan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel (5.915 > 2.719) yang artinya layanan bimbingan kelompok teknik self regulation learning efektif mereduksi learning burnout (kejenuhan belajar) kelas XI PKM 1 SMK Negeri 1 Kedawung. Penerapan dari layanan bimbingan kelompok teknik self regulation learning diharapkan dapat diterapkan dan dapat merubah cara belajar peserta didik agar tidak mengalami kejenuhan belajar. Penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar khususnya di SMK Negeri 1 Kedawung. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : layanan bimbingan kelompok, teknik self regulation learning, kejenuhan belajar. Referensi : |
| URI: |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/h/iaibbc/Z3m7ob4t3kRPbZD5GW8hnjtyGGHFaq.pdf
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2917 |
| File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
|---|---|---|---|---|
| 1685878617981_revisi sidang okee_compressed.pdf | 966.6Kb | application/pdf |
Lihat / |
File Skripsi/Thesis |
| 1685878619466_go Sidang_Skripsi.pptx | 977.3Kb | application/octet-stream |
Lihat / |
Presentasi Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI LEARNING BURNOUT PADA SISWA KELAS X PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO (PKM) 1 DI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG |