Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON |
| Penulis: | HANIFA NUR QOYYIMAH |
| Abstrak: | HANIFA NUR QOYYIMAH. NIM. 2018.9.2.1.0068 : PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON Skripsi ini membahas Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menangani Perilaku Membolos Siswa Kelas VIII F Di Smp Negeri 12 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatarbelakangi keterkaitannya dengan sistem pembelajaran yang berubah sejak adanya wabah covid-19. Pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan atau biasa disebut daring/pembelajaran jarak jauh dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga mereka yang tidak dapat beradaptasi dengan situasi seperti itu mereka akan mencari penyelesaian lain dengan cara membolos. Walaupun begitu membolos sebenarnya bukan jawaban yang utama untuk melampiaskan keadaan yang seperti itu. Dan kegiatan membolos juga hal yang dapat melatarbelakangi timbul masalah-masalah lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa faktor penyebab siswa membolos dan seperti apa upaya atau PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi atau pengamatan. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik wawancara atau dialog secara langsung dengan narasumber atau responden untuk mencari data atau informasi. Selanjutnya, hasil dari pengamatan atau observasi, wawancara serta dokumentasi. Faktor penyebab perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Kota Cirebon diantaranya yaitu siswa yang malas untuk melakukan pembelajaran, kejenuhan dalam belajar, proses belajar yang membosankan, kecanduan game online, tidak mengerjakan tugas dari guru mata pelajaran tertentu, mengikuti ajakan teman untuk membolos, malas untuk berangkat ke sekolah karena efek dari pendemi, serta takut akan mata pelajaran tertentu. Guru bimbingan konseling berperan penting dalam mengatasi perilaku membolos di SMP Negeri 12 kota Cirebon, peran yang dilakukan guru BK untuk mengatasi hal tersebut diantaranya melakukan konseling kelompok, konseling individu, melakukan kunjungan rumah, memanggil orangtua siswa dan melakukan kerjasama dengan wali kelas, dan orangtua siswa dalam memantau kehadiran di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru BK dan pihak sekolah khususnya SMP Negeri 12 kota Cirebon, terutama dalam memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa untuk senantiasa menaati tata tertib dan menegakkan kedisiplinan di sekolah secara optimal. Kata kunci : peran guru Bimbingan Konseling, perilaku membolos |
| Deskripsi: | Kata Kunci : peran guru Bimbingan Konseling, perilaku membolos Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1x63azy59yn5l21NHWxcw5fJ-dxJCS2kK
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2912 |
| File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
|---|---|---|---|---|
| 1685878605813_cover hanifah NEW.jpg | 111.1Kb | image/jpeg |
Lihat / |
Cover Skripsi/Thesis PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII F DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON |