IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA
Penulis: INE FAJAR
Abstrak: INE FAJAR. NIM. 2018.9.2.1.00070. IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA Skripsi ini kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas X IPS 4. Hal itu dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum tertangani sehingga sistem pembelajaran di sekolah yang digunakan masih secara online (daring). Oleh karena itu, wali kelas sulit untuk mengidentifikasi masalah-masalah belajar yang dialami siswanya. Oleh sebab itu konseling individu dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan tahap-tahap layanan konseling individu berbasis kognitif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Beber. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model pendekatan fenomenologi. Peneliti memilih menggunakan metode kualitatif dengan pertimbangan bahwa kasus yang diteliti merupakan kasus yang memerlukan penggunaan pengamatan dan bukan menggunakan metode pengangkaan, kedua dengan penelitian kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan, dan yang ketiga adalah adanya kedekatan hubungan emosional antara peneliti dan responden sehingga akan menghasilkan suatu data yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi konseling individu berbasis kognitif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Beber sudah berjalan dengan baik dan optimal. Meskipun dalam implementasinya terdapat hambatan diantaranya adalah keterbatasan waktu dan sarana dalam memberikan layanan konseling individu berbasis kognitif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Beber. Hal ini karena adanya kerja sama yang baik antara guru BK dengan kepala sekolah serta wali kelas ataupun staf lainnya di SMA Negeri 1 Beber. Selanjutnya tahap-tahap implementasi konseling individu berbasis kognitif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Beber sudah sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan bersama. Tahapan-tahapan itu meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi kegiatan, tahap tindak lanjut, dan tahap menyusun laporan. Kata kunci: Konseling Individu, Berbasis Kognitif, Prestasi Belajar Siswa.
Deskripsi: Kata Kunci : Konseling Individu, Berbasis Kognitif, Prestasi Belajar Siswa. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1sJjvkkvDpLQTD_xulGLlMCODpH-UAJB2
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2911


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878604621_cover ine NEW.jpg 185.4Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDU BERBASIS KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya