IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMP AL WASHLIYAH CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMP AL WASHLIYAH CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMP AL WASHLIYAH CIREBON
Penulis: AJI RAHMAT FAUJI
Abstrak: AJI RAHMAT FAUJI. NIM. 2018,9,2,1,00057 : IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI TEKNIK EKSPLORASI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMP AL WASHLIYAH CIREBON Skripsi ini membahas Implementasi Bimbingan Klasikal Melalui Teknik Eksplorasi Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Al Washliyah Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh keterkaitan tentang bimbingan klasikal melalui teknik eksplorasi dan penyesuan diri siswa pada saat pertama kali masuk sekolah menengah pertama sehingga siswa belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, teman baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Al Washiyah Cirebon tahum pelajaran 2021/2022 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi atau pengamatan untuk mencari siswa yang penyesuaian dirinya masih menurun, kemudian peneliti melakukan wawancara atau dialog secara langsung dengan narasumber untuk mendapatkan data tentang layanan bimbingan klasikal melalui teknik eksplorasi untuk meningkatkan penyesuaian diri, dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, hasil dari penelitian data dapat disimpulkan bahwa gambaran penyesuaian diri siswa itu masih kurang bisa bergaul dengan teman satu kelasnya karena siswa tersebut belum mengenal satu sama lain, siswa yang kurang percaya diri ketika bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru mata pelajaran maupun siswa yang lain saat berdiskusi di kelas, siswa merasa takut salah akan pertanyaan atau jawaban dari guru mata pelajaran. Tahapan yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling yaitu Tahap pembukaan, kegiatan inti, penutup. Kemudian perubahan penyesuaian diri siswa yang tadinya kurang bergaul dengan teman kelasnya, sudah mulai bisa saling mengenal, membantu satu sama lain dan menghargai ketika ada teman yang tidak bisa mengerjakkan tugas dari guru mata pelajaran maupun saat berdiskusi dengan teman kelasnya. Layanan bimbingan klasikal melalui teknik eksplorasi ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini ditunjukkan sebagai bahan informasi bagi sekolah pertama mengenai penyesuaian diri siswa khususnya di SMP Al Washliyah Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Teknik Eksplorasi, Penyesuaian Diri Siswa Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Np1MGII-9L79S0XBY6w7XueJcHXa571m
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2906


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya