EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IX MTs NEGERI 4 CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IX MTs NEGERI 4 CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IX MTs NEGERI 4 CIREBON
Penulis: SARAH WIDIAWATI
Abstrak: SARAH.WIDIAWATI NIM. 2018.9.2.1.00085: EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IX MTs NEGERI 4 CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IX di MTs Negeri 4 Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi sangat menurunnya motivasi belajar peserta didik supaya berhasil pada pembelajaran, kurangnya kebutuhan juga dorongan dan minat peserta didik pada belajar, dengan kurangnya penerapan pada lingkungan belajar akibatnya motivasi belajar peserta didik rendah, aktivitas belajar yg kurang variatif terkesan membosankan bagi peserta didik, lingkungan yg kurang memfasilitasi peserta didik untuk berpotensi dan termotivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan memahami motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dan mengetahui motivasi belajar peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, penelitian ini menggunakan desain true eksperimental design, dengan pola penelitian pretest-posttest control group design, desain ini ada dua kelompok yang dipilih secara random yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan tujuan untuk melakukan pengukuran terhadap subjek. Berdasarkan hasil dari angket pretest kelas eksperimen diperoleh presentase dengan nilai Mean 8 peserta didik untuk kelas eksperimen sebelum mendapatkan treatmen (pretest) adalah 283,625 dan nilai mean setelah diberikan treatmen berupa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dengan mean atau rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest adalah 293,875, yang berarti ada peningkatan. Kemudian nilai standar deviasi, nilai maksimum, dan nilai minimum untuk pretest masing-masing adalah 17.68726, 252, dan 314. Sedangkan nilai standar deviasi, nilai maksimum, dan nilai minimum untuk postest adalah 15.08488, 274, dan 316.Artinya Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Kelas IX MTs Negeri 4 Cirebon. Kunci:”Bimbingan Kelompok Tekhnik Problem Solving”.
Deskripsi: Kata Kunci : Kunci:”Bimbingan Kelompok Tekhnik Problem Solving”. Referensi : Adhetya Cahyani1 , Iin Diah Listiana2 , Sari Puteri Deta Larasati3. (2018). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. Retrieved from https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1yOH8KPhexLs7R4Gdd-erxr-t-DW7bPRk
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2904


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya