RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Di MA Modern Al-Musyawirin)

Publikasi Unusia

RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Di MA Modern Al-Musyawirin)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Di MA Modern Al-Musyawirin)
Penulis: MUHAMMAD EKO SARTIKA
Abstrak: MUHAMMAD EKO SARTIKA (2018.9.2.1.00075): “RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI (Studi Deskripstif Siswa Kelas XI Di MA Modern Al-Musyawirin)” Perencanaan bidang karir siswa kelas XI di MA Modern Al-Musyawirin yang ragu dalam merencankan karir, serta belum mempunyai tujuan yang jelas, dan masih banyak juga mengalami kebingungan setelah kelulusan sekolah yang disebabkan karena dalam merencanakan karir siswa banyak yang tidak mengenali kemampuan diri dan hanya ikut-ikutan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI di MA Modern Modern Al-Musyawirin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan subyek populasi siswa kelas XI di MA Modern Al-Musyawirin yang diambil dengan teknik sampling jenuh berjumlah 30 siswa yaitu 20 Siswa Jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) dan 10 Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket skala pengambilan keputusan karir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Koefisien alpha yang diperoleh dari hasil pengujian realibilitas sebesar 0,9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI di MA Modern Modern Al-Musyawirin termasuk dalam kategori sedang, siswa mulai menyusun langkah dalam melengkapi dan mempelajari kembali pilihan karir yang dipilih. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 90,4. Hasil penelitian yang dilakukan pada sampel penelitian, siswa kelas XI MA Modern Al-Musyawirin mengambil keputusan karir sesuai dengan minat mereka. Pengambilan keputusan jika dilandasi dengan keputusannya sendiri, memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan dan usaha yang siswa lakukan. Keputusan yang siswa buat sendiri memberikan kepuasan tersendiri bagi mereka jika suatu saat mereka mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Deskripsi: Kata Kunci : bimbingan kelompok, kemampuan pengambilan keputusan karir siswa, MA Modern Al-Musyawirin Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1XKY7p69hV0SO0WZweT3KLAZHyOYfadHJ
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2903


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878500422_5 ... i Muhammad Eko Sartika.jpg 221.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis RANCANGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Di MA Modern Al-Musyawirin)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya