EFEKTIVITAS PERMAINAN FLASHCARD EKSPRESI WAJAH TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF KELOMPOK A KB AL IDZHAR KECAMATAN LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PERMAINAN FLASHCARD EKSPRESI WAJAH TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF KELOMPOK A KB AL IDZHAR KECAMATAN LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PERMAINAN FLASHCARD EKSPRESI WAJAH TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF KELOMPOK A KB AL IDZHAR KECAMATAN LEMAHWUNGKUK KOTA CIREBON
Penulis: DELLI WIRNAWATI
Abstrak: Penelitian ini memiliki latar belakang pentingnya kegiatan bermain mengunakan media dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu kurang optimalnya kemampuan Bahasa ekspresif anak dikarenakan pembelajaran yang hanya menggunakan media seperti LKA atau majalah. Maka dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresif anak dengan cara menggunakan permainan Flashcard Ekspresi Wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dengan memberikan stimulus yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan bahasa ekspresif dengan menggunakan permainan Flashcard Ekspresi Wajah agar kegiatan pembelajaran menyenangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Dengan jenis eksperimen desain One Group Pretest and Post Test dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok A KB Al Idzhar Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh karena populasi relatif kecil, kurang dari 30 anak. Pada hasil penelitian pretest kemampuan Bahasa Ekspresif anak yaitu 39,38% jika diklasifikasikan dalam presentase berada pada kategori kurang, kemudia hasil posttest kemampuan Bahasa Ekspresif anak yaitu 86,88% jika diklasifikasikan dalam presentase berada pada kategori sangat baik. Kemampuan Bahasa Ekspresif anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan Flascard Ekspresi Wajah terdapat perbedaan yang signifikan, hal ini ditunjukan dengan nilai thitung (33,92%) > ttabel (2,131) yang berarti H0 ditolak. Kemudian penguatan dilakukan dengan Uji gian dengan jumlah 12,62 dan hasil rata-rata 0,79 jika di presentasekan berada pada interprestasi Tinggi. Kata kunci : Permainan Flascard Ekspresi Wajah, Bahasa Ekspresif
Deskripsi: Kata Kunci : Permainan Flashcard Ekspresi Wajah, Bahasa Ekspresif Referensi : Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta cv. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif. Alfabeta cv. Casta. (2014). Dasar-dasar statistika pendidikan. Erlangga. Khozin A. A. (2018). Hadits Tarbawi. Elizabeth B Hurlock. (1993). Perkembangan Anak. Erlangga. Depdiknas. (2017). Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Otto, Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Prenada Media. Musfiroh, Tadkirotun. (2018). Perkembangan kecerdasan Majemuk. Imam Musbikhin. (2010). Buku pintar paud dalam perspektif islan. Laksana. Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di Taman Kanak-kamak. Rineka Cipta.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1hbZDuAsYFU0IQkXC_yWmgnIpJbd0EB0A
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2898


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya