UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ALAM ALBIRUNI GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ALAM ALBIRUNI GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ALAM ALBIRUNI GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON
Penulis: SRI MIYATI
Abstrak: SRI MIYATI .NIM. 2018.4.6.1.00960 : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ALAM ALBIRUNI GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON . Penelitian ini mengkaji tentang upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui model pembelajaran talking stick di TK Alam Albiruni Desa Pasindangan kec. Gunung Jati Cirebon masih belum memenuhi target standar pencapaian perkembangan anak, ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut diantaranya bahasa tubuh guru dalam penyampaian pembelajaran masih kaku dan penyajian yang dilakukan guru masih kurang menarik, sehingga anak kurang semangat, mudah bosan, asik bermain sendiri dengan teman dan mengganggu teman yang lain Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui model pembelajaran talking stick pada anak kelompok A di TK Alam Albiruni Gunung Jati Kabupaten Cirebon Metode Penelitian yang digunakan dalm penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian 15 anak di TK Alam Albiruni Cirebon Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada prasiklus kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Alam Albiruni Cirebon kurang sekali kemudian dilakukan pemberian tindakan pada siklus kesatu ada peningkatan lalu di refleksikan pada siklus kedua mengalami peningkatan dari siklus kesatu. Hasil penelitian yang dilakukan tentang kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok A TK Albiruni pada Siklus I setelah mengunakan model pembelajaran talking stick adalah sebesar 70% atau kriteria cukup baik, terbukti mengalami peningkatan sebesar 37% dari prasiklus. Sedangkan rata-rata kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok A TK Alam Albiruni pada Siklus II setelah mengunakan model pembelajaran talking stick adalah sebesar 87% atau sangat baik, terbukti mengalami peningkatan sebesar 17% dari Siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 54% dari Prasiklus.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci Kemampuan Berhitung, Talking Stick , Anak Usia Dini Referensi : penelitian. (2013). sugioyo. 000. Retrieved from 000
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1RdI-odx85JpqI96Ig0uoyk7I_NuUS9-T
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2897


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878469241_REVISI TERBARU SRI.jpg 46.94Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ALAM ALBIRUNI GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya