EFEKTIVITAS PERMAINAN LEMPAR GELANG ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN TK ISLAM AL JAZULI KABUPATEN BREBES

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PERMAINAN LEMPAR GELANG ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN TK ISLAM AL JAZULI KABUPATEN BREBES

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PERMAINAN LEMPAR GELANG ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN TK ISLAM AL JAZULI KABUPATEN BREBES
Penulis: SITI MABRUROH
Abstrak: ABSTRAK SITI MABRUROH. 2018.4.6.1.00943. EFEKTIVITAS ALAT PERMAINAN LEMPAR GELANG ANGKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN TK ISLAM ALJAZULI KABUPATEN BREBES Aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan anak pada tahap selanjutnya Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Islam Al-Jazuli Kabupaten Brebes masih sangat rendah, karena itu untuk mengatasi masalah yang ada, penulis menggunakan permainan lempar gelang angka dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas permainan lempar gelang angka terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun TK Islam Al-Jazuli Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model quasi eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test kemampuan kognitif kepada setiap anak usia 5-6 tahun di Kelompok B TK Islam Al-Jazuli Kabupaten Brebes. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan kognitif anak sebelum menggunakan permainan lempar gelang angka berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kemampuan anak sebesar 4,85. Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan bahwa 50% anak memiliki kemampuan kognitif kurang tinggi. 2 Kemampuan kognitif anak sesudah menggunakan permainan lempar gelang angka berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kemampuan anak sebesar 9,75. Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan bahwa 90% memiliki kemampuan kognitif dalam katagori tinggi. Perbedaan kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan lempar gelang angka berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai thitung = 9,759, nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel pada db = 20-2 = 18 dengan signifikansi di angka 0,05 (5%), didapatkan ttabel sebesar 1,734. Berdasarkan ketentuan jika thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (9,759 > 1,734) yang artinya bahwa H0 (hipotesis nihil) ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan kognitif anak sebelum dan sesudah menggunakan permainan lempar gelang angka, adapun tinggi perbedaannya sebesar 70% dengan kategori cukup tinggi Permainan lempar gelang angka lebih efektif dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Permainan lempar gelang angka telah meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini.
Deskripsi: Kata Kunci : Kognitif, Gelang Angka, Kemampuan kognitif Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1L24IyjV9Ltr_KhDOzKpJwa1bxJ_nbFK3
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2894


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya