UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD CIPTA RAGA DESA SLANGIT KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD CIPTA RAGA DESA SLANGIT KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD CIPTA RAGA DESA SLANGIT KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: ALIMAH
Abstrak: ABSTRAK ALIMAH. 2018.4.6.1.00769. UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DASAR MELALUI BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK A PAUD CIPTARAGA DESA SLANGIT KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON Bahasa merupakan modal awal untuk mengetahui wawasan yang luas dan dalam, dan salah satu aspek bahasa adalah kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara akan dapat dikembangkan dengan melalui tahap awal yaitu memiliki tingkat penguasaan kosakata dasar yang memadai semenjak dini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah penguasaan kosakata dasar pada anak yang masih rendah, dan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan metode metode bercerita menggunakan boneka jari. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dasar pada anak kelompok A PAUD Ciptaraga Slangit Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon melalui bercerita menggunakan boneka jari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana pengumpulan datanya menggunakan observasi terhadap 20 anak kelompok A PAUD Ciptaraga Slangit Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon dan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penguasaan kosakata dasar anak sebelum pemberian tindakan bercerita menggunakan boneka jari termasuk kurang tinggi yang dibuktikan dengan persentase total sebesar 37,1%. Pelaksanaan pemberian tindakan bercerita menggunakan boneka jari dalam pembelajaran kosakata dasar pada anak menggambarkan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yaitu mulai dari siklus I sampai dengan siklus II dengan melakukan perbaikan metode dan cara memberikan pelajaran pada setiap siklus. Penguasaan kosakata dasar anak Kelompok A PAUD Ciptaraga Slangit Kabupaten Cirebon sebagai hasil pemberian tindakan bercerita menggunakan boneka jari diketahui bahwa pada siklus I total persentase pencapaian kemampuan kosakata dasar anak pada sebesar 64,6% dengan interpretasi cukup tinggi dan pada siklus II total persentase pencapaian kemampuan kosakata dasar anak sebesar 93,3% dengan interpretasi sangat tinggi. Bercerita menggunakan boneka jari memberikan perkembangan positif terhadap kemampuan anak menguasai kosakata dasar pada anak Kelompok A PAUD Ciptaraga Slangit Kabupaten Cirebon. Harapannya, metode bercerita menggunakan boneka jari dapat digunakan sebagai pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Kata Kunci: Bercerita, Kosakata Dasar, Boneka Jari.
Deskripsi: Kata Kunci : Bercerita, Kosakata Dasar, Boneka Jari Referensi : Aisyah,Siti. (2010). Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka Jakarta.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1E09lZp6ussHd0UF1nZAWAGR08_4NXx0-
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2890


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya