KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY GAMES DI KB AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY GAMES DI KB AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY GAMES DI KB AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA CIREBON
Penulis: LILIS ANZANI
Abstrak: Penelitian ini dilakukan sebagai wujud dalam mengembangkan kemampuan bahasa reseptif pada anak usia dini melalui kegiatan permainan play games. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kemampuan bahasa reseptif pada anak KB Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Cirebon, yang masih belum berkembang. Hal ini terlihat dari kurang fokusnya anak ketika proses pembelajaran berlangsung serta kurangnya variasi yang diberikan guru dalam menerapkan metode pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kemampuan bahasa reseptif anak sebelum diterapkannya permainan play games; (2) pelaksanaan permainan play games terhadap kemampuan bahasa reseptif anak; (3) kemampuan bahasa reseptif anak setelah menerapkan permainan play games. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada setiap siklusnya dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dengan subjek 11 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh: (1) kemampuan bahasa reseptif anak sebelum pemberian tindakan berada pada level belum berkembang sesuai harapan dengan tingkat persentase 47%; (2) proses pelaksanaan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi; (3) kemampuan bahasa reseptif anak setelah pemberian tindakan mengalami peningkatan secara bertahap yaitu, pada siklus I meningkat sebesar 19% dari pra siklus menjadi 66%, kemudian meningkat kembali pada siklus II dengan peningkatan sebesar 20% dari siklus I atau sebesar 39% dari pra siklus dengan mencapai 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa reseptif anak dapat berkembang melalui permainan play games pada anak KB Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Bahasa Reseptif, Play Games, Anak Usia Dini Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ldVLa0tRGUxsMH-3gqm0F-x_2iAn1lzE
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2889


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878448895_cover.jpg 227.4Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK MELALUI PERMAINAN PLAY GAMES DI KB AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya