EFEKTIVITAS BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH CIAWIJAPURA CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH CIAWIJAPURA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH CIAWIJAPURA CIREBON
Penulis: SHANTY RAHMAWATI
Abstrak: ABSTRAK SHANTY RAHMAWATI, NIM 2018.4.6.1.00938 : EFEKTIVITAS BERMAIN ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH CIAWIJAPURA CIREBON. origami adalah suatu teknik berkarya seni/kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas dengan tujuan menghasilkan aneka bentuk mainan, hiasan, benda rangsional, alat peraga, dan alat kreasi lainnya. Berdasarkan hasil observasi perkembangan motorik halus anak kelompok A Tk Al-hidayah Ciawijapura, belum berkembang secara optimal terlihat dalam kegiatan kreativitas melipat, ketika melipat bentuk segitiga belum rapi. Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti menggunakan metode bermain origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus Kelompok A Tk Al-hidayah Ciawijapura Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bermain origami terhadap kemampuan motorik halus kelompok A TK Al-hidayah Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental design (non designs), dengan pengambilan data menggunakan one-group pretest dan posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mendapatkan data tentang kemampuan motorik halus (Y) kelompok A TK Al-hidayah Ciawijapura Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan origami (X). Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas A TK Al-hidayah Ciawijapura yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial yang dilakukan dengan uji t. Kemudian data diolah untuk menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian menunjukan bahwa origami digunakan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada Anak usia Dini, yang dibuktikan dengan analisis inferensial yang dilakukan dengan uji t. Kesimpulannya adalah bahwa metode bermain origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 12,05 dan ttabel 2,145 dengan taraf signifikansi 5% (0,05), yang artinya nilai thintung 12,05 > ttabel 2,145 karena nilai thitung> ttabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, origami efektif digunakan dalam pengembangan kemampuan motorik halus. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Bermain Origami, Motorik Halus
Deskripsi: Kata Kunci : Anak Usia Dini, Bermain Origami, Motorik Halus Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1vjeec-m2Hzsg3Rb1J8aIP1WpmENOzY0_
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2886


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya