Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | EFEKTIVITAS BERBAHASA LISAN MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TKIT AN-NABIL PRUMAHAN TAMAN CHERRY DESA MUNDU PESISIR KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON |
Penulis: | MELINAH |
Abstrak: | ABSTRAK Melinah, Nim: 2018.4.6.1.00870, Efektivitas Berbahasa Lisan Melalui Permainan Permata Tersembunyi Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tkit An-Nabil Perumahan Taman Cherry Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Kemampuan berbasa lisan anak usia dini merupakan aspek yang sangat penting untuk dikembangkan . Peningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini tentu tidak lepas dari peranan pendidik. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak di kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tkit An-Nabil perumahan taman chery Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui kemampuan berbahasa anak kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tkit An-Nabil perumahan taman chery Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebelum menggunakan permainan permata tersembunyi; 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan permainan permata tersembunyi; dan 3) Mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan permainan permata tersembunyi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tkit An-Nabil perumahan taman chery Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan penilaian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan permata tersembunyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B. Hal ini dapat dilihat pada hasil kemampuan berbahasa lisan anak pada pra siklus mencapai 53% (kurang sekali) pada siklus I mencapai persentase 76 % ( cukup baik), sedangkan siklus II mencapai persentase 93 % (sangat baik). Disimpulkan bahwa permainan permata tersembunyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tkit An-Nabil perumahan taman chery Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Anak Usia Dini, berbahasa lisan, Permainan permata Tersembunyi. Referensi : |
URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=17WHb5r1gcWT3ofm1cqvSjoukGUvBR7Wd
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2885 |
File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
---|---|---|---|---|
1685878439731_IMG-20220714-WA0028_page-0001.jpg | 342.3Kb | image/jpeg |
Lihat / |
Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS BERBAHASA LISAN MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TKIT AN-NABIL PRUMAHAN TAMAN CHERRY DESA MUNDU PESISIR KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON |
1685878440209_ppt skripsi.pptx | 663.6Kb | application/octet-stream |
Lihat / |
Presentasi Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS BERBAHASA LISAN MELALUI PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TKIT AN-NABIL PRUMAHAN TAMAN CHERRY DESA MUNDU PESISIR KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON |