PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A PAUD AL MUAWANAH KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A PAUD AL MUAWANAH KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A PAUD AL MUAWANAH KABUPATEN CIREBON
Penulis: YULIA CITRA
Abstrak: ABSTRAK YULIA CITRA NIM. 2018.4.6.1.00998 : PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A PAUD AL MUAWANAH KABUPATEN CIREBON. Kemampuan kognitif yang pertama yaitu kemampuan berhitung adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai terutama pada anak usinna dini. Pembelajaran berhitung untuk anak usia dini diharapkan bisa diajarkan melalui kegiatan yang lebih menarik berupa suatu permainan. Karena pada dasarnya, anak usia dini lebih cenderung tertarik pada kegiatan yang bersifat bermain dalam proses pendidikan mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif berhitung melalui kegiatan bermain ular tangga pada kelompok A di pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Muawanah. Metode penelitian ini, penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 15 anak. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada siswa PAUD. Peningkatan tersebut berdasarkan rata-rata kemampuan kognitif pada setiap siklus meningkat. Pada siklus 1 rata-ratanya adalah 55,7 sedangkan pada siklus 2 rata-ratanya sama dengan 86,8. Berdasarkan hasil wawancara bermain ular tangga adalah kegiatan yang menyenangkan bagi siswa PAUD. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa model permainan dapat berpengaruh pada kemampuan berhitung anak, antara lain model permainan ular tangga, model pembelajaran kooperatif. Kesimpulan: Model permainan yang menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak secara signifikan, bukan hanya itu tetapi kemampuan berhitung anak juga dapat dipengaruhi oleh media dan metode yang digunakan untuk Menstimulasi anak.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : kemampuan berhitunng, permainan Ular Tangga, kelompok A Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1wfEq32iukPtl1JRn_8sTJjmfH7Bzd-4G
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2883


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya