Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN LUDO KELOMPOK A DI PAUD AL ISRO KABUPATEN CIREBON |
| Penulis: | KAMINI |
| Abstrak: | KAMINI. NIM.201846100854 : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN LUDO KELOMPOK A DI PAUD AL ISRO KABUPATEN CIREBON Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di PAUD Al Isro Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2022/2023. Kajiannya dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa perkembangan kognitif Sebagian besar anak kelompok A PAUD Al Isro Kabupaten Cirebon belum berkembang sesuai harapan, salah satunya yaitu anak belum mampu dalam mengenal lambang bilangan. Mengingat pentingnya perkembangan kognitif bagi anak, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode permainan ludo dalam meningkatkan mengenal lambang bilangan kelompok A di PAUD Al Isro Kabupaten Cirebon taun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metodologi deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan permasalahan yang berlangsung saat ini maupun lampau sebagai prosedur penelitian sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata dari kemampuan anak yang diamati. Jenis dan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada rancangan model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) perencanaan; 2) Tindakan; 3) pengamatan atau observasi ; dan 4) refleksi. Untuk mendapatkan data tentang kemampuan mengenal lambang bilangan (Y) dan memalui kegiatan bermain dengan media permainan ludo (X) penelitian ini menggunakan 2 siklus. Selanjutnya hasil pelaksanaan proses bermain dengan media permainan ludo ini berdasarkan data yang telah dihitung menunjukkan bahwa hasil kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A PUAD Al Isro Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan dengan indikator perkembangan kognitif tahap pra siklus mencapai hasil 28,33 % dengan nila interpretasi rendah. Pada siklus I pertemuan ke I mengalami peningkatan mencapai 36,66 % dengan nilai interpretasi rendah. Kemudian pada siklus I pertemuan ke II mengalami peningkatan lagi dengan nilai 53,33 % dengan nilai interpretasi tinggi. Kemudian pada siklus ke II pertemuan ke I mencapai nilai 63,33% dengan nilai interpertasi tinggi dan pada siklus ke II pertemuan ke II mengalami peningkatan dengan nilai 90% dengan nilai interpertasi sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implikasi dari hasil penelitian di atas maka pencapaian kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A di PAUD Al Isro Kabupaten Cirebon dapat ditempuh melalui media permainan, dan diharapkan melalui permainan ludo dapat merubah cara belajar dari pasif menjadi aktif. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Mengenal lambang bilangan, permainan ludo Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1u29aoPdlIcUPgMXKC2foqhCWPp0DENsS
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2878 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||