MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN MENGGUNTING SESUAI POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PATIH SEMI KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN MENGGUNTING SESUAI POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PATIH SEMI KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN MENGGUNTING SESUAI POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PATIH SEMI KALIWEDI KABUPATEN CIREBON
Penulis: SOKHIFAH
Abstrak: MELALUI BERMAIN MENGGUNTING SESUAI POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PATIH SEMI KALIWEDI KABUPATEN CIREBON Penelitian ini bertolak dari latar belakang bahwa kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon yang masih rendah. Penyebab rendahnya adalah metode dan kegiatan belajar mengajar yang kurang tepat di dalam kelas. Berdasarkan hal tersebut maka solusi yang diambil peneliti adalah dengan menggunakan kegiatan menggunting sesuai pola Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon melalui kegiatan bermain menggunting sesuai pola. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi pada setiap proses dan kegiatan penelitian. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari triangulasi data, ketekunan pengamatan dan pengecekan teman sejawat. Adapun analisis kuantiatifnya menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase. Hasil penelitian yaitu: 1) Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun pada pra siklus di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon menunjukkan kemampuan anak masih kurang baik yang dibuktikan dengan persentase total pencapaian indikator-indikator hanya sebesar 36,1%. 2) Pelaksanaan tindakan menggunting sesuai pola untuk anak usia 4-5 tahun di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon menggambarkan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yaitu terdapat perubahan-perubahan rencana pembelajaran pada tiap siklus melihat hasil observasi yang telah dilakukan mulai dari siklus I dan siklus II. 3) Hasil pelaksanaan tindakan menggunting sesuai pola untuk anak usia 4-5 tahun di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan sebagaimana yang diharapkan yang dibuktikan pada siklus I total persentase kemampuan motorik halus anak sebesar 77.3%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik yaitu sebesar 87,5%.. Kegiatan bermain menggunting sesuai pola mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di RA Patih Semi Kaliwedi Kabupaten Cirebon, karena itu kegiatan menggunting sesuai pola dapat dijadikan sebagai alternative pembelajaran motorik halus pada anak.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Motorik Halus, Menggunting Pola, Bermain. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1nrWBukUl2mFriMx12qdAp0UhYwMwn9YH
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2874
Tanggal: 2023-04-04


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya