Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA KELOMPOK A DI KB PAUD AL HABIB KALISARI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON |
| Penulis: | MUNAWAROH |
| Abstrak: | Skripsi ini membahas implementasi pemberian reward untuk meningkatkan kedisiplinan pada kelompok A di KB PAUD Al Habib Kalisari Losari Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh perilaku kurang disiplin hal ini terlihat dari ada beberapa siswa yang datang terlambat ke sekolah, dan pada saat mengambil buku ada anak yang tidak mau antri, berebut mainan dengan temannya dan lain sebagainya. Hal ini berarti bahwa anak belum mematuhi dan memahami adanya aturan yang berlaku dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk: implementasi pemberian reward untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A KB PAUD Al Habieb Kalisari Losari Cirebon dan menganalisis hasil implementasi Pemberian Reward untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A di KB PAUD Al Habieb Kalisari Losari Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Hasil peneitian menunjukkan bahwa implementasi pemberian reward untuk meningkatkan kedisiplinan anak kelompok A KB PAUD Al Habieb Kecamatan Losari Kab. Cirebon Bentuk-bentuk pemberian reward dalam proses pembelajaran di KB PAUD Al Habieb antara lain: yaitu; reward verbal (pujian) seperti “anak sholeh”, “anak pinter”,“ok”, “ya bagus” sedangkan yang non verbal seperti senyuman, acungan jempol, sentuhan guru, simbol berbentuk “bintang”, bertepuk dan berjabat tangan sebagai penghargaan. Dengan penerapan tersebut terbukti mampu melatih anak dalam bertindak sesuai dengan tata terbib yang berlaku di sekolah. Aspek disiplin yang ditanamkan lainnya yang telah diobservasi oleh peneliti adalah guru kelas menanamkan disiplin duduk dengan tenang di tempat masing-masing dan tidak bermain-main dalam waktu belajar, mendengarkan penjelasan dari guru, dan menjaga kebersihan diri, ruang kelas dan lingkungan sekolah, yaitu MB 1 siswa, BSH 6 siswa dan BSB 12 siswa. Pemberian reward terbukti berhasil meningkatkan kedisipinan anak di KB PAUD Al Habieb terlihat dari meningkatnya disiplin anak dalam bertindak sesuai dengan tata tertb yang berlaku di sekolah. Implementasi pemberian reward ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah dan diharapkan anak lebih kreatif dan aktif serta mengembangkan gagasan atau ide yang dituangkan dalam bentuk aktif sehingga dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan daya pikir anak dalam meningkatkan kedisiplinan anak |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Kata Kunci : Implementasi, Reward, Disiplin Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1yf7q0ouYmQzR4bazf0GZ3PE2klh8RkP_
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2872 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||