EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JADI MULYA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JADI MULYA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JADI MULYA KABUPATEN CIREBON
Penulis: MEGA SUPRIYATI
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang Efektivitas media gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jadimulya Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatabelakangi pembelajaran media gambar agar dalam proses pembelajaran berinovatif dan bervariasi sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas media gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi gaya dan gerak siswa kelas IV di SD Negeri 1 Jadimulya Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. dua variabel yang ada yaitu variabel X (pembelajaran media gambar) dan variabel Y ( hasil belajar siswa), karena mengambil seluruh siswa kelas IV dengan subyek penelitian 28 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknis analisis data uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis diantaranya dengan teknik normalitas dan homogenitas dan uji statistik inferensal dengan teknik uji paired T-Test dengan bantuan SPSS. Setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan tes soal untuk memperoleh data X dan Y. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak sebelum menggunakan pembelajaran media gambar diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,71 dan setelah menggunakan pembelajaran media gambar nilai rata-rata sebesar 81,78. Hasil uji hipotesis diketahui nilai thitung (11,783) > nilai ttabel (2,044) dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, maka dalam hal ini berarti signifikan atau h0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran media gambar. Hasil uji N-Gain diketahui sebesar 0,45 (Sedang). Penggunaan pembelajaran media gambar diharapkan dapat digunakan siswa mengaktifkan serta mendorong siswa belajar berkomunikasi dengan baik, memiliki tanggung jawab, berinteraksi dengan siswa lain, serta turut berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan masukan bagi kegaiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SD Negeri 1 Jadimulya, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan hasil belajar siswa dan diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam memberikan variasi dalam proses pembelajaran.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Media Gambar ,Hasil-Belajar Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=15BGb_dNSJ0DiQijIZoTo8WID1LCEsu2W
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2869


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya