PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK
SISWA KELAS III DI SDIT IBNU KHALDUN
SEDONG CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK
SISWA KELAS III DI SDIT IBNU KHALDUN
SEDONG CIREBON |
Penulis:
|
NIHAYATI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK Nihayati, NIM: 2018.3.6.1.00504, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran yang ditemukan di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon, khususnya pada pembelajaran tematik kelas III Tema 8 Subtema 3 tentang “Simbol Rambu Lalu Lintas”, berupa rendahnya hasil belajar tematik siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal itu adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon, (2) hasil belajar tematik siswa kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon, dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana. Sampel yang digunakan sebanyak 34 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tulis, sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis regeresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran tematik kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon adalah ”cukup baik” (76%), dan hasil belajar siswanya “tinggi” (85). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh “sangat kuat” (rxy = 0,862) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 86%. Sementara itu, uji hipotesis menunjukkan probabilitas significant varaibel X dan Y sebesar 0,000. Dengan demikian Ho ditolak, sehingga hasil akhir analisis ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III di SDIT Ibnu Khaldun Sedong Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Tematik
Referensi : |
URI:
|
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2864
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap