EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI WATHONIYAH 1 KANCI

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI WATHONIYAH 1 KANCI

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI WATHONIYAH 1 KANCI
Penulis: IIF IFTAHLANA
Abstrak: ABSTRAK IIF IFTAHLANA. NIM. 2018.3.6.1.00473: EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI WATHONIYAH 1 KANCI. Masalah yang dimuat dalam penelitian ini yaitu tentang efektivitas metode pembelajaran outdoor learning pada muatan mata pelajaran IPA kelas IV MI Wathoniyah 1 Kanci. Proses pembelajaran di kelas IV MI Wathoniyah 1 Kanci ini terutama dalam pembelajaran tematik mata pelajaran IPA, masih belum mencapai nilai ketuntasan karena rendahnya penguasaan materi dan kurangnya variasi atau metode pembelajaran dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pelaksanaan metode pemmbelajaran outdoor learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di MI Wathoniyah 1 Kanci tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Adapun model eksperimen yang digunakan adalah model kuasi eksperimen dengan jenis pre test and post test nonequivalent contol group. Populasi sampling yang digunakan yaitu siswa kelas IV MI Wathoniyah 1 Kanci sebanyak 14 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji pra-syarat, uji T dan uji hipotesis. Dalam proses pembelajaran IPA dikelas IV MI Wathoniyah 1 Kanci, guru menggunakan metode pembelajaran outdoor learning pada materi tertentu saja, seperti materi tentang tumbuhan yang ada disekitar lingkungan sekolah (Tema: Lingkunganku). Dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning terlihat antusias dalam menjalani proses pembelajaran. Dengan begitu pembelajaran tersebut sudah dapat dikatakan efektif dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning, siswa bisa mendapat nilai yang lebih tinggi. Kata Kunci: Efektivitas, Outdoor Learning,MI Wathoniyah 1Kanci
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Efektivitas, Outdoor Learning,MI Wathoniyah 1Kanci Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1dRI-c8ZtZjoRho61LXbWzc2kIGeZMqgu
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2860


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya