EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE,REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SDN 1 PASAWAHAN

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE,REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SDN 1 PASAWAHAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE,REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SDN 1 PASAWAHAN
Penulis: IIS TRISNAWATI
Abstrak: Skripsi ini membahas efektivitas metode sq3r (survey, question, read, recite, review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN 1 Pasawahan Tahun Ajaran 2022/2023. Kajian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca pemahaman yang rendah berdampak pada kesulitan siswa dalam mengetahui ide-ide dari bacaan, pasif nya keadaan dikelas karena siswa tidak berani bertanya apa yang mereka tidak pahami, kurang mampu menyimpulkan isi bacaan teks dan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Pasawahan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan jenis One group pretest – posttest dimana pada jenis penelitian ini sampel eksperimen diberi soal tes sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan. Jumlah sampel penelitian sebanyan 23 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan untuk menganalisis data menggunakan uji – t. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite, review). Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan kenaikan rata – rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu sebesar 81,82% begitupun hasil uji-t yang menujukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 21,602 > 2,805.
Deskripsi: Kata Kunci : Metode SQ3R (survey, question, read, recite, review), kemampuan membaca pemahaman, dan pembelajaran Bahasa Indonesia. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FquRx7YT5qEbDzi8QYFsr5n393GW5nb_
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2857


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya