PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDQ SHIDQUL ‘AMAL CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDQ SHIDQUL ‘AMAL CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDQ SHIDQUL ‘AMAL CIREBON
Penulis: KHUSNUL MUANAH
Abstrak: Skripsi ini membahas pengaruh peran orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDQ Shidqul ‘Amal Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran di sekolah. Terdapat pengaruh dari faktor eksternal yaitu orang tua. Bentuk peran orang tua sebenarnya adalah bentuk peran guru di sekolah.kemudian faktor internal yang tumbuh dari individu sendiri yaitu motivasi siswa. Jika tidak ada motivasi dari siswa untuk belajar, maka selamanya siswa tidak akan tertarik untuk belajar dan tidak memperoleh kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh peran orang tua dan kemampuan mengajar guru dalam pendampingan belajar anak terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDQ Shidqul ‘Amal Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan menggunakan metode korelasi regresi berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang peran orang tua (X1), kemampuan mengajar guru (X2), dan teknik tes untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Setelah melakukan uji instrument kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X1 dan X2. Selanjutnya dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi berganda, dimana jika nilai signifikan > 0,05 dan thitung ttabel maka H0 diterima dan jika nilai signifikan 0,005 dan thitung > ttabel maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji F nilai signifikan 0,001 0,05 dan nilai F hitung 11,316 > 3,63 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 (Hipotesis 3) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari peran orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDQ Shidqul ‘Amal. Semakin tinggi peran orang tua dan kemampuan mengajar dalam membimbing atau mengajarkan maka semakin tinggi hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDQ Shidqul ‘Amal Cirebon dan sebaliknya semakin rendah peran orang tua dan kemampuan mengajar guru dalam membimbing serta mengajarkan maka semakin rendah pula hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV SDQ Shidqul ‘Amal Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Peran Orang tua, Kemampuan Mengajar Guru, Hasil Belajar Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1UJqZ3Dye8BOBcZ4hgxwym3mDVxKpABNI
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2856


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya