PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI DHIYA EL HAQ CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI DHIYA EL HAQ CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI DHIYA EL HAQ CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON
Penulis: YULI QUROTUL AENI
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MI Dhiya El Haq Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Siswa sering diberikan pemahaman dan hafalan rumus pada mata pelajaran matematika. Model Problem Based Learning (PBL) menurut Arrahim dalam jurnal pedagogik, “Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran”. Dengan adanya model pembelajaran ini, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar segitiga dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa kuat pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Dhiya El Haq Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes untuk mendapatkan data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV dan angket untuk mendapatkan data tentang pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan uji regresi sebesar 0,000 dan thitung sebesar 4,493. Karena nilai signifikan 0,05 dan thitung (4,493) > ttabel (1.714) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV.
Deskripsi: Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Matematika. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1sZdPj3f_52uPgUNAtvVRAhvmFJ03pS5o
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2852


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya