PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN

Publikasi Unusia

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN
Penulis: LEDY
Abstrak: LEDY. NIM. 2018.3.6.1.00490 : PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian orang tua dalam belajar, orang tua jarang melakukan kegiatan pembelajaran di rumah, orang tua masih sibuk dengan pekerjaan sehingga menyerahkan tanggung jawab penuh Pendidikan kepada sekolah. Sehingga menyebabkan hasil belajar anak kurang maksimal Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perhatian orang tua, hasil belajar IPA, dan seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPA kelas IV di MI Al Washliyah Perbutulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Populasi penelitian ini ada dua kelas berjumlah 56 siswa. Sampel yang di ambil sebanyak 50% dari jumlah populasi yaitu kelas IV dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perhatian orang tua siswa kelas IV MI Al Washliyah Perbutulan termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini berdasarkan hasil analisis deskriptif mengenai variabel perhatian orangtua yang menunjukkan bahwa 46,43% termasuk kategori tinggi, 39,28% dalam kategori sedang dan 14,29% termasuk dalam kategori rendah. Hasil belajarnya juga termasuk dalam kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil analisis deskriptif statistika yang menunjukkan bahwa sebesar 21,43 % termasuk dalam kategori tinggi, pada interval > 96, kemudian 57,14% termasuk kategori sedang dengan rentang skor 84 – 96, dan kategori rendah dengan persentase 21,43 % pada interval 84. Kemudian terdapat pengaruh signifikan antara perhatian orang tua dalam belajar terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan hasil uji t dengan t hitung > t tabel dan nilai sig 0.05. Adapun besarnya pengaruh perhatian orang tua dalam belajar terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil uji koefisien determinasi adalah 15,4%. Dengan demikian diharapkan orang tua agar dapat memberikan perhatian dan bimbingan belajar serta suri tauladan yang baik bagi anak, meskipun perhatian orang tua sudah baik namun orang tua juga harus mempertahankan bentuk perhatiannya sehingga anak bisa mendapatkan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Perhatian, orang-tua, hasil, belajar
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1x5lUn_5HmXGkB8soe6BKQEvXGFvqrjQA
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2851


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya