Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGN RUANG MELALUI MEDIA BENDA KONGKRIT PADA SISWA KELAS VI MI AL ISHLAH BOBOS |
| Penulis: | NANI TRIANA (L) |
| Abstrak: | ABSTRAK NANI TRIANA. NIM. 2018.3.1.6.00543 : PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS VI MI AL ISHLAH BOBOS. Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar Matematika materi bangun ruang melalui media kongkret pada siswa kelas VI MI Al Ishlah Bobos. Kajiannya dilatar belakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran dan siswa cenderung pasif dalam memahami bangun ruang sehingga sebagian siswa menganggap pelajaran matematika adalah hal yang sulit untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang melalui media benda konkret pada siswa kelas VI MI Al Ishlah Bobos. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Al Ishlah Bobos yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes yang telah divalidasi oleh ahli, observasi sesuai dengan standar isi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa yakni nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 72,19 siklus I sebesar 79,19 dan pada siklus II menjadi 86,30 pada rentang skor nilai 0-100. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 47,61%, siklus I mencapai 85,71% dan pada siklus II mencapai 92,3%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus I meningkat 7,00, dari siklus I ke siklus II meningkat 7,11 dan dari prasiklus ke siklus II 14,11. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khusunya di MI Al Ishlah Bobos. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : hasil belajar, materi bangun ruang, media konkret, siswa MI Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=13qvJw8lEJSgDvshfkW-yGO1247T7qtqi
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2848 |
| File | Ukuran | Format | Lihat | Deskripsi |
|---|---|---|---|---|
| 1685878190988_PPT Nani Triana.pptx | 242.7Kb | application/octet-stream |
Lihat / |
Presentasi Skripsi/Thesis PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGN RUANG MELALUI MEDIA BENDA KONGKRIT PADA SISWA KELAS VI MI AL ISHLAH BOBOS |