UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DIKELAS 1 MI AL- ANWAR

Publikasi Unusia

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DIKELAS 1 MI AL- ANWAR

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.author SITI MASITHOH
dc.contributor.editor SITI MASITHOH
dc.date.accessioned 2023-06-04T11:29:43Z
dc.date.available 2023-06-04T11:29:43Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2018.3.6.1.00547
dc.identifier.citation AZHAR ARSYAD. (2011). MEDIA PEMBELAJARAN. RAJAWALI PERS.
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1UQNp-_Zu_J6QIsYImZYFE6twwERjW0n-
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2845
dc.description Kata Kunci : Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf. Referensi : AZHAR ARSYAD. (2011). MEDIA PEMBELAJARAN. RAJAWALI PERS.
dc.description.abstract ABSTRAK SITI MASITHOH. NIM. 2018.3.6.1.00547. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf di Kelas I MI Al-Anwar Cirebon”. Permasalahan yang ditemukan dalam observasi awal dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di MI Al-Anwar Cirebon yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena pemanfaatan media pembelajaran terutama dalam hal pembelajaran membaca permulaan pada siswa belum maksimal dan kurang tepat. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini menggunakan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan media kartu huruf dan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Anwar Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan media kartu huruf. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes kemampuan membaca kepada 40 siswa sebagai subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan media kartu huruf dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu: 1) Perencanaan yang terdiri atas pembuatan RPP dan menyiapkan berbagai instrumen penelitian. 2) Pelaksanaan yang terdiri pada kegiatan inti terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus telah dibuat perbaikan untuk meningkatkan kemampuan siswa. 3) Evaluasi yang terdiri dari evaluasi siswa secara individu dan juga evaluasi hasil dari observer dalam pelaksanaan penelitian. Adapun peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Anwar Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan media kartu huruf pada tiap siklusnya cukup signifikan yang dibuktikan dengan hasil pada siklus I sebesar 50% siswa tuntas dalam belajar dengan nilai setara dengan KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 90% ketuntasan siswa dengan nilai setara dengan KKM. Artinya bahwa dengan memdia kartu huruf kemampuan membaca permulaan siswa meningkat dengan baik. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis Ha yaitu terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui media kartu huruf di Kelas I MI Al-Anwar Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Kesimpulannya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Anwar Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan setelah menggunakan media kartu huruf.
dc.publisher Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
dc.subject Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf.
dc.title UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF DIKELAS 1 MI AL- ANWAR
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya