EFEKTIVITAS METODE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV (Putri) MI AN-NIDHOMIYAH KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV (Putri) MI AN-NIDHOMIYAH KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS METODE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV (Putri) MI AN-NIDHOMIYAH KABUPATEN CIREBON
Penulis: AISYATUNNIHAYAH
Abstrak: Skripsi ini membahas tentang efektivitas model cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB Putri MI Annidhomiyyah Astanajapura Kabupaten Cirebon. Kajian ini dilatarbe-lakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dan suasana belajar yang monoton sehingga siswa masih kurang dalam hal bersosialisasi, berpendapat, dan bertukar pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode STAD pada siswa kelas IVB Putri MI Annidhomiyyah Astanajapura tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mendapatkan data ten-tang hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena hanya mengambil salah satu kelas IV yakni kelas IVB dengan jumlah siswa 27 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis paired samples t-test. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuanti-tatif jenis Eksperimen model Pre-experimental design adalah penelitian eksperimen yang masih terdapat variabel luar yang berpengaruh kepada variabel terikat, karena eksperiment yang dilakukan hanya melibat-kan satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding atau kontrol. Model pembelajaran sangatlah berpengaruh pada Hasil Belajar Siswa, oleh karenanya penulis memilih model Pembelajaran STAD dimana Model Pembelajaran ini sangat Efektif dan mudah diterapkan pada kegiatan Pembelajaran dan pada hasil belajar. Hasil dari perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai sig.(2tailed) sebe-sar 0,312 terbukti lebih besar daripada 0,05 sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD (student Team Achievement Division) efektif dalam meningkatkan Hasil belajar IPA siswa kelas IV B (putri) MI An-Nidhomiyah Astanajapura. Metode STAD diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IVB putri MI An-Nidhomiyyah Astanajapura Kabupaten Cirebon. Kata kunci : Metode STAD, Hasil Belajar siswa.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : Metode STAD, Hasil Belajar siswa. Referensi : Elisa, S., Matsum, J. H., & Siswa, H. B. (n.d.). (2017). Efektivitas penggunaan model kooperatif tipe stad dalam meningkatkan hasil belajar siswa di smk. UI. Retrieved from 000
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=18X9f3RWo2Ff9kFu19eeCw9OrIrsfgLKD
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2843


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1685878180839_SKRIPSI NEHA FIXXX.jpg 40.11Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS METODE STAD (Student Team Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV (Putri) MI AN-NIDHOMIYAH KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya