Tampilkan catatan item lengkap
| Judul: | Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Kelas V SDN V 1 Lurah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon |
| Penulis: | NUR AULIYA SAFIRA |
| Abstrak: | ABSTRAK NUR AULIYA SAFIRA. NIM. 2018.3.6.1.00506 : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 LURAH. Skripsi ini membahas tentang Efektivitas model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika kelas V di SDN 1 Lurah Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah juga kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih. Setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran agar siswa nya tidak mudah merasa jenuh dalam pembelajaran. Kejenuhan sendiri menjadi salah satu hal yang dapat menghambat dalam proses pembelajaran, siswa menjadi tidak antusias dalam belajar. Melihat kondisi di zaman sekarang yang sudah canggih, banyak anak-anak usia SD yang sudah pandai bermain Gawai, hal ini bisa dimanfaatkan dengan kegiatan pembelajaran. Ini merupakan salah satu solusi untuk memanfaatkan keahlian siswa juga dikaitkan dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Matematika kelas V SDN 1 Lurah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif menggunakan metode eksperimen dengan desain One – Group Pretest-Posttest Design dimana pada desain ini sampel eksperimen diberi pretest sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya menggunakan analisis t-test atau uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Hal ini terbukti dari analisis statistik deskriptif yang menunjukkan kenaikan rata-rata motivasi belajar matematika siswa yakni sebesar 84,58% juga uji T-test yang menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 6,005 > 2,048. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran Matematika di SD. |
| Deskripsi: | Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran Matematika di SD. Referensi : |
| URI: |
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1B2dltTWIYGf59et4FCew8mHbO_zZoY29
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2836 |
| File | Ukuran | Format | Lihat |
|---|---|---|---|
|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |
|||